Cacing Pita Kucing dan Cara Mengobatinya.

Share to :
Tweet Bagikan


Tingkel, apakah kucing anda terkena cacing pita? Begini cara mengobatinya, yuk disimak.
Cacing pita pada kucing biasanya akan dikeluarkan melalui berbagai cara, ketahui gejala-gejala penyerangan cacing pita sehingga tingkel bisa segera menanggulanginya.
Gambar jenis cacing pita penyerang kucing, image source : google
Gejala.
  1.  Dimuntahkan, biasanya meong akan memuntahkan cacing pita jika ukuran cacing sudah terlampau panjang. Muntah ini disebabkan karena si cacing sudah merambat melalui saluran tenggorokan si meong. Kasihan bukan?
  2. Keluar melalui kotoran. Saat si meong pup, biasanya akan ada helaian putih yang keluar dari duburnya, itu adalah cacing. Jangan dipegang, usahakan meong menyelesaikan proses pup-nya lalu buang pupnya ke sungai dengan air yang mengalir.
  3. Jika bibit cacing masih kecil, biasanya akan merambat di bagian ekor sekitar anus atau alat kelamin. Terkadan cacing ini masih berukuran setengah sentimeter atau kurang dari itu. Hati-hati tingkel, jangan sampai salah membelai. Usahakan cacing ini dibuang dengan bantuan kertas tisyu.
  4. Biasanya, cacing pita membuat meong jadi batuk-batuk yang disertai keluar cairan berwarna kuning, lalu terjadilah muntah cacing seperti pada kasus nomor 1.
Pengobatan.
TuanMeong juga pernah terserang cacing pita, namun saran atau rekomendasi pengobatan ( sejauh ini manjur juga untuk semua kucing yang pernah dipelihara majikan TuanMeong ) adalah pemberian drontalcat
Seperti ini loh bungkusnya ya tingkel. Image source : www.unitedpharmacies.com
Saran penggunaaan drontalcat ada pada bungkusnya, sesuaikan dosis dengan berat badan + usia meong.
Maaf, TuanMeong belum bisa memberikan rekomendasi obat lain, karena baru drontalcat aja yang terbukti mampu membunuh cacing pita sampai telur-telurnya.

Berdasarkan pengalaman, ini yang akan terjadi setelah meong dikasih drontalcat.
  • Meong akan diare usai pemberian obat. Hal ini disebabkan karena cacing yang ada di usus maupun lambung terbunuh oleh efek obat.
  • Cacing pita memiliki masa inkubasi (telur + menetas jadi cacing) kurang lebih 1,5 bulan. Untuk itu ulangi pemberian drontalcat setelah 1,5 bulan dari pemberian pertama.
  • Usahakan selalu membersihkan tempat kotoran meong agar telur cacing bisa benar-benar disingkirkan.
  • Hati-hati, Cacing pita masih tetap hidup di dalam tanah sekitar 1 tahun. Jadi usahakan untuk tidak membuang kotoran terindikasi cacing pita di dekat rumah. Hanyutkan atau kubur yang dalam.
 Saran pemberian obat pada kucing.

image source : wikihow
Oke, terimakasih untuk wikihow yang udah ngasih tutorial pemberian pil pada meong.
Semoga p3k khusus meong yang terkena cacing pita ini bisa membantu ya tingkel.

Salam cakar,
TuanMeong



Support Group : Dunia Kucing Indonesia on Facebook
"Kirim Kisah Meong"
Klik di sini untuk mengirimkan kisah kamu dan kucingmu.
"Support Facebook Page"
Klik di sini untuk mengirimkan kisahmu via Facebook Page atau Join ke Support Group kami.
"Aturan Copy/Paste"
Klik di sini untuk membaca DMCA

Komentar Facebook Dimatikan. Gunakan Komentar Blogger untuk meninggalkan jejak.