Catnip dan Anting-Anting : Ganja para kucing dan Manfaatnya.

Share to :
Tweet Bagikan


Bonito & Cemplon asik nyimeng dengan anting-anting
Halo Tingkel, apakah Tingkel semua masih penasaran dengan khasiat Ganja Kucing yang sering disebut Daun Anting-anting? Yap, kali ini kita akan membahas seputar daun Anting-anting dan sahabatnya si Daun Catnip. Dua jenis tanaman ini disinyalir bisa membuat kucing jadi mabuk alias fly, namun bagusnya, mereka punya manfaat kesehatan yang ndak perlu dicemaskan lagi.

TuanMeong a.k.a Bonito sendiri sering sekali nge-fly besama dede' Cemplon tersayang yang nantinya akan menjadi betina yang akan TuanMeong jaga sebagai pasangan setia seumur hidup, cieee. Nah, buat yang sudah nongkrong di group Pecinta Kucing Indonesia, pasti udah pernah ngelihat posenya TuanMeong di sana.

Apa itu daun Anting-anting (Acalypha Indica)?
Tanaman ini adalah jenis tumbuhan semak yang bisa hidup di mana saja, termasuk di kebun, pinggir parit, bekas bangunan tua ( biasanya di sekitar tempat yang mengandung banyak kapur ) juga di sela-sela pekarangan rumah kita.
Sekilas tanaman ini memang tidak menarik, seluruh batang, daun, bunga dan buahnya didominasi warna hijau yang terlalu biasa. Mungkin hanya kambing yang mau menikmati tanaman ini sebagai pengganjal perut.

Tapi, pikiran itu salah. Anting-anting adalah marijuana-nya bangsa kucing. Seperti yang telah ditampilkan pada awal  artikel, terlihat jelas TuanMeong dan dede Cemplon sangat fly menikmati akar anting-anting.

Memang bagian akar tumbuhan ini sangat segar dan aromatis untuk hidung kucing. Tak jarang si Meong akan mengunyah, mengendus-endus atau menggosok-gosokkan tubuh ke akar anting-anting yang telah terkunyah. Hal ini dilakukan karena Meong tersayang sangat menyukai aroma anting-anting dan ingin mengendapkan bau tersebut ke bulunya sendiri.

Didalam tanaman ini terdapat senyawa fenol dan flavanoid. Daun, batang dan akar mengandung saponin dan tanin. Batangnya juga mengandung flavonoida dan daunnya mengandung minyak asiri. Senyawa fenol bersifat antibakteri yang bagus untuk antiseptik, anti radang dan aktif dapat menghilangkan rasa sakit setempat, mencegah bahkan menyembuhkan rematik artritis. Senyawa flavanoid bersifat antioksidan, yang dipercaya dapat menghambat pembentukan asam urat.

Namun bagi kucing, secara istimewa, Anting-anting berfungsi untuk melancarkan pencernaan dan meredakan demam.

Daun Catnip (Nepeta cataria).
img source : google
Efek daun yang tumbuh di wilayah Eurasia atau antara Eropa dan Asia ini justru sedikit lebih keras. Jika anting-anting hanya membuat kucing teler menikmati kunyahan akar dan bau, Catnip justru memberikan efek respon yang sedikit berbeda.

Daun ini mampu memberikan perubahan perilaku pada kucing. Usai menghirup aroma Catnip, kucing akan mendengkur, menggeram, mengais-ngais, mencakar, mengunyah dan lincah agresif.

Diketahui pula, Catnip juga memberikan efek pada Harimau dan Leopard.

Catnip mengandung zat bernama nepetalactone yang pada dasarnya bersifat halusinogen. Bahasa mudahnya, membuat meong jadi berhalusinasi / benar-benar mabuk seperti manusia saat meminum alkohol atau menghisap ganja.

Fungsi dari pemberian catnip adalah untuk membangkitkan sisi agresif meong agar dia kembali lincah dan bersemangat. Namun terlalu banyak memberikan Catnip juga tidak terlalu baik bagi Meong tersayang.

Beda banget dengan Anting-anting yang tanpa efek samping apapun :)

Salam miawww
TuanMeong.



Support Group : Dunia Kucing Indonesia on Facebook
"Kirim Kisah Meong"
Klik di sini untuk mengirimkan kisah kamu dan kucingmu.
"Support Facebook Page"
Klik di sini untuk mengirimkan kisahmu via Facebook Page atau Join ke Support Group kami.
"Aturan Copy/Paste"
Klik di sini untuk membaca DMCA

WEBSITE DALAM PERBAIKAN, JIKA OM DAN TANTE MENEMUKAN GAMBAR YANG HILANG DARI SUATU ARTIKEL, MOHON TINGGALKAN KOMENTAR PEMBERITAHUAN PADA ARTIKEL TERSEBUT. TERIMAKASIH!


Komentar Facebook Dimatikan. Gunakan Komentar Blogger untuk meninggalkan jejak.