Tentang Munchkin Cat : Kucing lucu yang pendek.

Share to :
Tweet Bagikan


Berikutnya, TuanMeong akan menceritakan salah satu teman si TuanMeong yang terkenal sebagai "ras kucing terkecil di dunia." Nah, ras itu adalah Munchkin. Seperti apa wujudnya? Nih, TuanMeong coba kasih satu penampakan dari group Pecinta Kucing.
Waduh, lucu banget ya.
Si teman ini adalah Meong dengan kaki yang cukup pendek, lebih pendek dari kucing biasa. Penampilan ini terjadi akibat mutasi genetik alamiah. Jadi bukan hasil laboratorium genetika ya, jangan salah faham.

Bisakah Munchkin dikawinkan dengan ras lain?
Jadi begini temans, TuanMeong sendiri adalah hasil persilangan antara Mamak Persia dan Bapak Jawa, sehingga wujud TuanMeong jadi seperti ini. 

Jadi kesimpulannya adalah, BISA. Namun ada syarat agar cirikhas munchkin tetap terlihat. Dan syaratnya adalah, semua jenis persilangan pada kucing akan menghasilkan gen dominan dari pejantan, sehingga apabila Tingkel ingin menyilangkan meong, usahakan gen yang diinginkan ada pada si pejantan.

Kemungkinan hasil persilangan adalah; warna bulu dominan mengikuti papa, bentuk tubuh mengikuti mama tapi tidak banyak. Atau, warna bulu total sekaligus bentuk tubuh mengikuti papa. Karena sekali lagi, gen dari pejantan akan lebih dominan.

Dari wikipedia kucing dikatakan, ras Skookum, Minskin, Bambino, Lambkin, Genetta dan Napoleon adalah hasil turunan dari Munchkin.

Penyebab kaki Pendek.
Mutasi gen autosom dominant adalah penyebab utama kenapa Munchkin berkaki pendek. Mereka tidak mengalami gangguan di area tulang punggung, sehingga bisa dikatakan mutasi ini berhasil.

Munchkin termasuk jenis yang mudah beradaptasi pada lingkungan apapun dan terlihat lincah dalam bermain.
Nah, tingkel, tertarik untuk memelihara jenis Munchkin sebagai salah satu kesayangan?

TuanMeong juga pengen banget punya sohib kayak gini di rumah, hehe.

Ketahui lebih banyak tentang Jenis-Jenis Kucing Peliharaan Populer di sini




Support Group : Dunia Kucing Indonesia on Facebook
"Kirim Kisah Meong"
Klik di sini untuk mengirimkan kisah kamu dan kucingmu.
"Support Facebook Page"
Klik di sini untuk mengirimkan kisahmu via Facebook Page atau Join ke Support Group kami.
"Aturan Copy/Paste"
Klik di sini untuk membaca DMCA

Komentar Facebook Dimatikan. Gunakan Komentar Blogger untuk meninggalkan jejak.