Update : Kenapa Kucing Suka Menjilati Tubuhnya? ( video youtube )

Share to :
Tweet Bagikan


Catlover semua, tahukah anda kenapa semua kucing suka menjilat-jilat tubuhnya? Oke, mungkin sudah banyak yang memahami perilaku ini, namun TuanMeong akan menuliskan sebuah ulasan menarik tentang kegiatan jilat menjilat yang sangat gemar dilakukan oleh bangsa berbulu termasuk TuanMeong. :)

Pernahkah tingkel menonton film Ice Age?
Yap, jika pernah, pasti dalam sebuah episode, Tingkel melihat betapa takutnya sosok "Diego" pada air, kemudian dia dibohongi oleh Sid si kukang dengan mengatakan, "Setiap binatang terlahir bisa berenang."
Diego & Sid / Image : Google
Pada saat genting, Diego pun akhirnya percaya dengan perkataan Sid, lalu mencoba berenang sambil mengucapkan kata-kata motivasi terkenal berbunyi, "Kayuh-tendang, kayuh-tendang, kayuh-tendang!" sehingga Diego selamat dari tenggelam. Sid si kukang pun akhirnya memuji keberhasilan Diego yang akhirnya di jawab oleh Diego begini, "Bukan sesuatu yang sulit ( berkayuh-tendang ), setiap Binatang terlahir bisa berenang, bukan?" ucap Diego kemudian, namun di jawab oleh Sid dengan perkataan, "Iya, tapi tidak dengan Harimau :p", betapa menyebalkan bukan? Hahaha.

Kesimpulannya? Setiap bangsa kucing takut terhadap air alias tidak bisa berenang, kecuali Jaguar. Harimau besar dan Singa pun masih berani masuk ke dalam air, namun mereka belum tentu pandai berenang / mengarungi sebuah perairan sehebat anjing atau musang. Sementara Jaguar, memiliki kemampuan istimewa yaitu memanjat dan berenang karena lokasi hidupnya adalah hutan hujan tropis sehingga dia mau beradaptasi.

Begitulah Tingkel, ketakutan alami seekor kucing menyebabkan mereka jarang mandi, untuk itulah kucing membutuhkan cara lain membersihkan bulu-bulunya. Berikut TuanMeong rangkum dalam beberapa point, alasan lengkap kucing menjilati tubuhnya.

1. Sebagai ganti air untuk mandi, kucing menjilati setiap jengkal bulunya agar mereka lebih bersih dengan bulu yang steril dari kotoran, benda asing maupun aroma-aroma yang tidak diinginkan. Hidung kucing itu sensitif, mereka mengenali banyak sekali bau, sehingga butuh membersihkan diri dari semua bau tersebut secara periodik.

2. Lidah kucing sangat kasar, memiliki bulu-bulu kenyal yang mirip sikat, bagian ini disebut papillae, mengandung bahan yang sama dengan kuku jari kita. Papillae berfungsi untuk menyisir rambut, menyingkirkan bulu yang rontok, serta mencengkeram makanan.
Image : Google
3. Kucing terkadang juga menjilati tangan depannya lalu mengusap ludah yang ada di tangan tersebut ke area wajah, telinga, maupin kepala bagian atas. Tindakan ini dilakukan agar area-area yang sulit terjangkau bisa dibersihkan dengan saliva atau zat antiseptik di dalam air liur tersebut.

4. Kucing menjilati tubuhnya, juga agar seluruh tubuhnya dipenuhi oleh baunya sendiri, kemudian dia menggesekan tubuh ke manusia, sebagai tanda jika manusia tersebut adalah miliknya. So sweet, bukan?
TuanMeong menjilati ekor.
5. Kucing menjilati tubuh kucing lain sebagai wujud rasa kasih sayang, bisa jadi semacam ciuman atau pelukan mesra. Jadi, jika tingkel punya kucing yang saling menjilat, berarti mereka bisa saling menerima sebagai sebuah keluarga dalam satu habitat.

6. Mungkin anda pernah mengalami, jari atau kulit anda dijilati kucing? Jangan kuatir, sebelumnya TuanMeong sudah membahas jika hidung kucing bisa mengenali banyak bau, mungkin saja si Meong mengenali bau yang asing pada diri anda ( utamanya disebabkan kuman ) lalu menjilati bagian tersebut agar anda kembali steril. Alasan lain saat kucing menjilati manusia adalah untuk kasih sayang dan kepercayaan. Jika meong tingkel udah mau jilat-jilat tangan / kaki tingkel, berarti dia sudah percaya banget sama tingkel dan juga menyayangi tingkel :)

Nah, CL sekalian, mungkin hal-hal tersebut di atas udah bisa mengobati rasa penasaran kita semua pada perilaku Meong yang unik ini.
Salam cakar, Miawww!
TuanMeong



Support Group : Dunia Kucing Indonesia on Facebook
"Kirim Kisah Meong"
Klik di sini untuk mengirimkan kisah kamu dan kucingmu.
"Support Facebook Page"
Klik di sini untuk mengirimkan kisahmu via Facebook Page atau Join ke Support Group kami.
"Aturan Copy/Paste"
Klik di sini untuk membaca DMCA

Komentar Facebook Dimatikan. Gunakan Komentar Blogger untuk meninggalkan jejak.