12 Tanda Utama Saat Kucing Kita Sakit - Catlover Wajib Tau!

Share to :
Tweet Bagikan


TuanMeong - Selamat Malam Tingkel, memiliki binatang peliharaan adalah sebuah hoby yang menyenangkan. Kita wajib merawat dan bertanggung jawab secara penuh pada kehidupan si peliharaan, termasuk makan, minum, kotoran, kasih sayang setiap hari, bahkan jika peliharaan kita sakit.


sick cats
Ilustrasi
Sebagai pecinta kucing, tentu saja kita tidak boleh mengabaikan masalah tanda-tanda kucing sakit tersebut. Kita harus mengenali dan mengetahui berbagai ciri saat kucing kita sakit, agar nantinya kita bisa menanggulangi, menghadang dan merawat dengan cara yang tepat agar kucing kesayangan kita bisa terselamatkan.

Nah Catlover, berikut ini merupakan tanda-tanda ketika kucing yang kita sayangi mengalami gangguan kesehatan. Silahkan disimak!

1. Dimulai dengan Bulu yang rontok. Perlu diketahui, ada beberapa penyebab rontoknya bulu pada kucing, misalnya; perubahan hormon, perubahan lingkungan, sedang mengalami masa birahi, terinfeksi jamur, suplai makanan yang tidak cocok dengan pencernaan kucing dan suhu udara yang terlampau panas untuk ukuran si kucing. Namun jika bulu rontok tersebut ditengarai terjadi diluar kebiasaan ( tidak wajar ) Berarti kucing kita sedang kekurangan Vitamin.

2. Adanya perubahan bentuk tubuh. Contoh perubahan ini misalnya; bengkak karena infeksi luka, perut menggembung ( cacingan ), kulit melepuh karena gatal. Jika perubahan tersebut terjadi di organ bagian dalam memang agak susah terdeteksi, namun tingkel bisa mengetahuinya dengan tanda lain seperti mulut berubah warna dan berbau busuk.
kartun kucing
img : wikihow
3. Kotoran Kucing. Dari kotoran yang dikeluarkan kucing, tingkel bisa mengetahui tingkat kesehatannya, bisa saja dia mengalami diare, kotoran mengandung darah, kotoran mengandung cacing dan sebagainya.

4. Flu dan Sakit mata, terlihat dari tanda-tanda fisik berupa mata belekan ( mengandung cairan kotor ), telinga congekan atau mengeluarkan cairan berbau yang selalu basah, atau mulut dengan munculnya iler atau liur kotor yang tidak biasa.
kucingku sakit
img : wikihow
5. Kucing Muntah yang diluar kewajaran; bisa cairan kucing, gumpalan makanan, cacing dan sejenisnya.

6. Penurunan berat badan yang drastis.

7. Berlebihan saat minum atau jarang mau minum.

8. Nafsu makan menurun meskipun sudah diberikan makanan yang dia sukai.

9. Suka menjilati bagian tubuh tertentu, bagian yang sama secara berulang-ulang. Kemungkinan lokasi yang dijilati sang kucing adalah tempat dimana terdapat luka atau gangguan kesehatan lain.
kartun kuciung lagi sakit
img : wikihow
10. Bau mulut yang terlampau busuk atau tidak seperti biasanya. Mungkin ini disebabkan karena gangguan pencernaan atau panas dalam, atau karena sebab lainnya.

11. Kucing terlihat lemas dan malas sepanjang waktu, tidak selincah biasanya.

12. Atau Kucing berubah galak, agresif, menggeram saat dipegang.
kucing susah makan
img : wikihow
Dari sekian banyak tanda-tanda tersebut, tingkel jangan terlalu paranoid, segera hubungi drh terdekat sehingga bisa menentukan penanganan yang lebih tepat, sebab jika tingkel salah memperlakukan kondisi si kucing, bukan sembuh yang terjadi namun justru memperparah keadaan.

Jika tingkel merasa satu atau beberapa tanda kucing sakit seperti yang TuanMeong tuliskan diatas itu terdapat pada Kucing kesayangan, usahakan bertindak dengan bijak dan tidak gegabah ya, percayakan saran seorang profesional untuk tindakan yang serius.



Support Group : Dunia Kucing Indonesia on Facebook
"Kirim Kisah Meong"
Klik di sini untuk mengirimkan kisah kamu dan kucingmu.
"Support Facebook Page"
Klik di sini untuk mengirimkan kisahmu via Facebook Page atau Join ke Support Group kami.
"Aturan Copy/Paste"
Klik di sini untuk membaca DMCA

Komentar Facebook Dimatikan. Gunakan Komentar Blogger untuk meninggalkan jejak.

0 Response to "12 Tanda Utama Saat Kucing Kita Sakit - Catlover Wajib Tau!"

Posting Komentar

Welcome Cat Lovers, Please make us better with your comment...