Fakta simbol Tulang untuk Anjing, Ikan untuk Kucing, Keju untuk Tikus

Share to :
Tweet Bagikan


Dalam berbagai jenis film baik kartun maupun diperankan oleh binatang asli, sering kita jumpai beberapa ikon sisa makanan yang diidentikan dengan binatang tertentu. Kita sangat sering menjumpai tentang keberadaan keju untuk menjebak tikus, tulang ikan yang dilemparkan ke kucing, atau tulang belikat sapi yang diberikan kepada anjing.

Nah, tingkel, dalam kategori serba-serbi ini, TuanMeong akan membahas mengenai ketiga simbol tersebut secara singkat namun pas porsinya.



Dimulai dari Keju dan Tikus.
Banyak sekali yang beranggapan jika Tikus adalah binatang pengerat yang sangat menyukai keju, sehingga beberapa orang memilih menggunakan potongan keju sebagai umpan menjebak tikus. Namun ternyata anggapan kita selama ini salah. Berdasarkan studi ilmiah yang terlah di lampirkan oleh situs resmi ini [ http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/02/benarkah-tikus-suka-keju ] telah dijelaskan jika Tikus sangat menghindari keju.


image : tumblr

Menurut para peneliti, Tikus memiliki kepekaan terhadap bau yang menyengat, sehingga keju merupakan salah satu makanan yang sangat dihindari. Dikatakan pula, tikus lebih memilih biji-bijian, serangga kecil atau mengerat kardus dibandingkan dengan keju, sementara di perkotaan, tikus lebih menyukai bekas hamburger yang ada di tempat sampah.

Berlanjut dengan Kucing dan Tulang ikan.
Sekali lagi kita lebih terpengaruh pada dogma dari film. Kucing memang menyukai ikan, terutama ikan asin. Bahkan makanan kering kucing dibuat dari bahan-bahan ikan segar agar memiliki bau amis sehingga si meong doyan memakannya.


image : tumblr
Memang secara kasat mata, kucing sangat suka dengan ikan, tapi mereka memakan ikan sedikit banyak harus melalui bantuan manusia. Sebab, kucing takut air dan kesulitan untuk berburu ikan. Satu-satunya alasan yang membuat kucing sangat gemar ikan adalah karena bau amisnya. Sedangkan makanan alami kucing yang bisa diburu setiap saat adalah tikus, cicak dan burung.

Terakhir adalah Anjing dan tulang sapi.
Pada dasarnya anjing merupakan hypercarnivora pemakan daging. Mereka lebih menyukai daging segar dibandingkan tulang. Penelitian yang dilakukan para ahli mengatakan, kebiasaan menggigit tulang pada anjing hanyalah sebatas untuk mengasah naluri berburu. Pada kejadian tertentu, anjing suka menggigit ranting pohon maupun tulang mainan, atau mengubur tulangnya ke dalam tanah.

image : tumblr

Nah, Tingkel, jarang sekali anjing mau memakan tulang yang keras, apalagi sudah terkubur lama dan tanpa sumsum. Kegemaran anjing mengunyah tulang tak lebih dari sekedar hobi saja hehe.
( walaupun saat lapar, anjing juga doyan makan tulang yang masih segar atau sisa tulang yang telah dimasak )



Support Group : Dunia Kucing Indonesia on Facebook
"Kirim Kisah Meong"
Klik di sini untuk mengirimkan kisah kamu dan kucingmu.
"Support Facebook Page"
Klik di sini untuk mengirimkan kisahmu via Facebook Page atau Join ke Support Group kami.
"Aturan Copy/Paste"
Klik di sini untuk membaca DMCA

Komentar Facebook Dimatikan. Gunakan Komentar Blogger untuk meninggalkan jejak.