Kucing adalah Predator dan Carnivora terbaik di dunia. Ini buktinya!

Share to :
Tweet Bagikan


Kucing merupakan binatang Predator yang bersifat Nocturnal. Kita akan membahas tentang seluk-beluk perwatakan kucing tentang berburu, mencari mangsa, bermain dan lainnya.


Dalam sains, kita mengenal istilah predator yang artinya pemburu. Kita juga pernah dikenalkan mengenai istilah carnivora atau pemakan daging. Dan mungkin tingkel juga pernah mendengar kata nocturnal yang artinya aktif di malam hari. Namun sebagai pet atau binatang peliharaan, kucing juga disukai karena menggemaskan saat bermain.

Baiklah tingkel, kita akan membahas semua itu dalam tulisan TuanMeong kali ini.

PREDATOR
Kucing adalah binatang yang masih satu ordo dengan Harimau, Cheetah, Singa, Leopard ataupun Panther ( jenis Leopard berbulu hitam ). Semua bangsa kucing memiliki kemampuan berburu yang sangat tangguh. Entah itu kucing besar maupun kucing kecil, mereka pasti punya insting hebat dalam menemukan daging yang lezat untuk dimangsa.

Sebagai seorang pembunuh, kucing memiliki banyak sekali atribut yang bisa digunakan sebagai senjata maupun tool / alat perburuan. Berikut diantaranya.
Dibawah ini adalah macam-macam Tool Kucing
1. Telinga. Kucing memiliki telinga yang bisa bergerak kesana dan kemari. Gunanya adalah untuk mengetahui suara-suara aneh maupun sinyal bunyi dari mangsa. Misalkan suara garukan binatang pengerat, suara burung, langkah kaki herbivora besar dan sebagainya.

2. Mata yang tajam. Menurut para ahli, kucing memiliki mata yang cukup tajam hingga mampu melihat pada jarak yang sangat jauh. Kemampuan lain dari mata kucing ( baik felis maupun tigris ) adalah kehebatan melihat dalam kegelapan. Maka dari itu Tingkel, kucing memiliki pandangan yang sangat sensitif dan bisa mendeteksi perubahan gerak sekecil apapun.

3. Hidung kucing, merupakan alat yang sangat hebat. Kucing mampu mengenali banyak bau [ baca artikel ini ] termasuk bau dari mangsa. Beberapa pakar binatang pernah mengulas, jika kita ingin selamat dari terkaman Harimau, sembunyilah di tempat dimana tidak ada angin menunju keberadaan si Harimau. Jadi, jika Harimau tersebut berada di barat anda, sedangkan angin berhembus dari timur ke barat, usahakan anda berada di utara sang Harimau.

4. Kumis yang supersensitif sebagai radar. Masalah kumis ini akan TuanMeong bahas secara khusus di artikel lain, namun bisa kita ketahui jika kumis milik kucing memiliki sensor kepekaan yang cukup hebat. Perubahan gerak mangsa akan terlihat meskipun mangsa itu bersembunyi di tempat yang cukup rapi. Ini disebabkan karena gerakan benda akan merubah tekanan udara yang langsung di respon oleh kumis kucing berikut saraf-saraf sensitifnya.

5. Bulu. Kucing dari jenis apapun, sejatinya memiliki fungsi bulu yang sama. Tool ini adalah mantel yang menjaga agar si kucing tetap hangat. Sementara motif dari bulu pada sebagian jenis kucing berfungsi untuk kamuflase. Ingat kan kamuflase? Sebuah cara untuk menyatu dengan lingkungan dan mengelabuhi mangsa.
 
6. Lidah kucing adalah salah satu pembantu untuk mencengkeram mangsa, selain itu organ ini juga berfungsi sebagai alat pembersih bulu [ baca artikel ini ]
Usai membahas tool milik kucing dalam berburu, kita lanjutkan dengan senjata utama bangsa kucing. Antara lain TuanMeong akan diskripsikan sebagai berikut.

Cakar yang menakjubkan. Kita semua tahu, kucing memiliki cakar seperti pengait pancing yang cukup kuat. Cakar ini berfungsi untuk mencabik, melukai, mencengkeram dan mengoyak organ-organ mangsa. Kita sering melihat, bukan, kucing terkadang memasukan tangan atau melambai untuk meraih sesuatu. Apabila tingkel memberikan sesuatu dengan tekstur alot, biasanya kucing mudah meraih dan menariknya hanya karena satu kuku. Cakar kucing sangat efektif dalam menangkap, bahkan kucing seperti punya gerakan / jurus khusus jika ingin menarik makanan dengan tangan depannya.

Taring dan rahang yang kuat. Bangsa kucing dibekali taring dan rahang yang sangat menakjubkan. Dua taring utama kucing di desain untuk membunuh dan mencabik urat nadi mangsa dalam sekali cekik. Keampuhan taring ini juga dibantu oleh rahang yang sekuat catut baja. Dalam banyak kejadian, mangsa setangguh apapun akan mati setelah tercekik oleh kuatnya rahang bangsa kucing.


Kemampuan bergerak & Refleks. Tidak diragukan lagi ya Tingkel, kucing punya kemampuan bergerak yang sangat bagus. Mereka fleksibel, aerodinamik, kuat dan cepat. Pada kucing besar, Cheetah mampu berlari hingga 100 km/h, Jaguar bisa melompat serta berenang seperti musang dan tupai, Harimau bisa menerkam seketika tanpa bisa dihindari. Sedangkan kucing kecil kita dirumah, mereka bisa mengejar kecoa, tikus maupun ayam dengan reflek yang luar biasa. Bahkan saat bermain pun juga sama. Keunikan lain dari reflek bangsa kucing adalah, mereka selalu terjatuh dalam kondisi berdiri. Bisa dibuktikan kok tingkel.

Nah, kemampuan berburu ini pada kucing rumahan diapresiasikan dengan bermain-main dengan benda kecil seperti kelereng, kertas tisyu, balon, bola  maupun plastik. Kucing rumahan juga sering mempermainkan mangsanya terlebih dahulu sebagai wujud kegembiraan.


Tingkah kucing yang lain juga sering kita lihat saat mereka saling terkam dan saling gigit, meskipun kelihatannya seperti bertarung, namun sebenarnya mereka hanya membangun persaudaraan, kegembiraan serta berlatih berburu.



Support Group : Dunia Kucing Indonesia on Facebook
"Kirim Kisah Meong"
Klik di sini untuk mengirimkan kisah kamu dan kucingmu.
"Support Facebook Page"
Klik di sini untuk mengirimkan kisahmu via Facebook Page atau Join ke Support Group kami.
"Aturan Copy/Paste"
Klik di sini untuk membaca DMCA

Komentar Facebook Dimatikan. Gunakan Komentar Blogger untuk meninggalkan jejak.