Kumis Kucing adalah radar yang canggih, ketahui sebabnya!

Share to :
Tweet Bagikan


Apa fungsi kumis untuk seekor kucing? Ketahui jawaban itu di sini tingkel, TuanMeong akan menjawab rasa penasaran tingkel mengenai salah satu tool berburu kucing yang sangat hebat. Dalam post artikel yang ini [ klik untuk membaca ] telah TuanMeong jelaskan mengenai macam-macam alat berburu bangsa kucing yang sangat mutakhir. Salah satu yang TuanMeong janjikan untuk di ulas adalah tentang Kumis.

Adalah sebuah istilah untuk kumis kucing, secara ilmmiah disebut whisker (vibrissae), namun sebenarnya pengertian dari whisker adalah bulu kaku dan mengandung susunan syaraf yang sangat sensitif. Bulu-bulu kaku ini tidak hanya di bagian kumis / moncong saja, namun juga berada di alis dan kaki depan ( sisi belakang ).

Kepekaan whisker sangat hebat, dia seperti radar canggih, GPS, pendeteksi gerak, sensor sentuh, radar frekwensi tinggi, pokoknya lengkap deh. Pada sebuah tayangan di eye withness ( generasi 90an pasti tau film dokumenter ini ) pernah dikatakan jika kumis kucing bisa mendeteksi perubahan tekanan udara sekecil apapun. Bahkan dia juga bisa mendeteksi getaran dengan tingkat akurasi cukup tinggi.
image : hannahhuddle
Kumis kucing, berfungsi sebagai indra peraba canggih, kucing bisa mengetahui pergerakan benda-benda di sekitarnya, mengetahui letak benda-benda dalam ukuran tertentu setelah ada angin yang menerpa benda tersebut, juga merasakan getaran-getaran sehalus apapun di dalam tanah atau di dalam almari. Itulah yang membantu kucing menemukan mangsa dan bergerak dalam kegelapan malam.

Kucing juga menggunakan kumisnya unntuk mengkalkulasi lebar suatu celah, sehingga dia tau, apakah celah tersebut bisa dilewati oleh seluruh tubuhnya. Perlu diketahui tingkel, rentang kumis kucing sama seperti lebar tubuhnya dari kanan ke kiri. Namun fungsi ini tidak berlaku pada kucing yang kegemukan.


Tingkel bisa mencoba, saat Meongnya sedang malas bermain, sentuhlah kumisnya secara berulang, sehingga dia mulai merasakan geli dan pasti mau diajak bermain kembali. Cara ini selalu efektif pada kucing, dikarenakan Whisker yang ada di moncongnya mendapat sensor rangsangan gerak dan membuat si kucing menjadi tergoda untuk menangkap objek penyentuh kumis tersebut.

Whisker di bagian mata, atau katakanlah alis kucing memiliki fungsi untuk menjaga mata dari berbagai gangguan. Jika alis kucing menyentuh sesuatu, maka secara reflek mata si kucing akan terpejam, sehingga resiko terluka akan berkurang. Coba tingkel sentuh-sentuh alis meongnya, bisa dipastikan dia akan merem-melek dengan lucu, hal itu membuktikan teori yang kita bicarakan di paragraf ini.
image : mnn.com
Oh iya,
Kumis kucing juga bisa digunakan sebagai salah satu penanda kondisi emosional kucing. Jika kucing sedang bertarung maupun ketakutan, bisa dipastikan kumisnya akan ditarik ke belakang. Namun saat kucing sedang gembira / ingin bermain, kumis kucing ini akan di bentangkan ke arahh depan sehingga terlihat seolah-olah kumisnya akan menusuk mata anda.

Coba deh di test, sentuh-sentuhkan bulu ayam ke kumis kucing, kemudian ajak dia bermain. Gerakan bulu tersebut ke area sekitar kakinya, sampai dia menunduk dan mengejar bulu tersebut. Dalam kondisi ini, jika si kucing memang lagi tertarik untuk bermain, kumisnya pasti akan mekar ke depan.

Fungsi kumis kucing selain sensor gerak dan radar, juga sebagai alat untuk mendeteksi suhu. Jadi kucing bisa beradaptasi pada suhu lingkungan dengan bantuan pengamatan dari sinyal si kumis.

Larangan keras : usahakan untuk tidak memotong kumis kucing ya tingkel. Kucing yang kumisnya dipotong akan mengalami gangguan keseimbangan sehingga dia akan tersiksa. Beberapa postingan di blog lain juga pernah mengatakan, kucing yang kumisnya sering dipotong akan berumur pendek, akibat dari ketidak mampuannya melakukan adaptasi.




Support Group : Dunia Kucing Indonesia on Facebook
"Kirim Kisah Meong"
Klik di sini untuk mengirimkan kisah kamu dan kucingmu.
"Support Facebook Page"
Klik di sini untuk mengirimkan kisahmu via Facebook Page atau Join ke Support Group kami.
"Aturan Copy/Paste"
Klik di sini untuk membaca DMCA

WEBSITE DALAM PERBAIKAN, JIKA OM DAN TANTE MENEMUKAN GAMBAR YANG HILANG DARI SUATU ARTIKEL, MOHON TINGGALKAN KOMENTAR PEMBERITAHUAN PADA ARTIKEL TERSEBUT. TERIMAKASIH!


Komentar Facebook Dimatikan. Gunakan Komentar Blogger untuk meninggalkan jejak.