Larangan Keras Dilakukan Para Pecinta Kucing - Bagikan Jika Peduli!

Share to :
Tweet Bagikan


Selamat malam Cat Lover, hari ini kita akan membahas mengenai berbagai hal yang dibenci kucing serta larangan keras bagi Cat Lover dimanapun untuk melakukannya pada si kucing kesayangan. Sepagai pecinta kucing sejati, tingkel wajib mengikuti saran TuanMeong ini agar kucing yang tingkel pelihara bisa senang dan selalu nyaman bersama anda. Berikut ini merupakan larangan keras yang sama sekali tidak boleh dilakukan oleh Cat Lover....


Kita Mulai dengan hal-hal yang ringan dulu, pada point ini Tingkel masih bisa melakukannya jika dalam kondisi terpaksa maupun keharusan. Ada larangan keras yang ternyata masih bisa ditoleransi juga ya tingkel, hehe.


  1. Memandikan kucing dengan air. Pada dasarnya kucing memang mengalami pobia terhadap air. Namun bukan berarti semua kucing takut dengan air. Ada jenis ras tertentu yang justru suka terhadap air, misalkan Bombay atau Bengal. Namun apabila jenis kucing yang tingkel pelihara merupakan ras yang takut air, maka tingkel harus ekstra sabar dalam memandikannya.
  2. Merapikan Barang. Kucing suka membuat ulah dan keributan. Sifat mereka adalah usil dan gemar berburu. Jika dia merupakan kucing rumahan, maka kegemaran berburu tersebut dilampiaskan dengan bermain. Untuk itu, sediakan tempat yang khusus untuk bermain kucing ya tingkel. Memang agak repot jika berhubungan dengan kerapian. Manusia suka kebersihan,kucing pun suka kebersihan. Meski pada dasarnya, bangsa kucing lebih memilih untuk mengacaukan kertas atau tumpukan benda kecil.
  3. Membawa manusia baru ( Tamu ) ke rumah. Hal ini berhubungan dengan bau keringat dari tamu yang datang ke rumah tingkel. Kucing akan merasa ketakutan jika mencium aroma baru yang tidak dia kenal. Namun jika tingkel memang perlu menerima kehadiran tamu, ya mau gimana lagi, terpaksa larangan ini masih bisa di toleransi.
  4. Merasa nyaman sendirian. Entah tidur atau sekedar duduk santai, biasanya kucing akan mengganggu majikan yang dia sayangi. Hal tersebut karena si kucing merasa ingin diperhatikan, bukan berarti dia tidak suka tingkel memanjakan diri sendiri lho. 
Berikutnya adalah larangan keras yang sebisa mungkin untuk dihindari oleh Cat Lover semua. Karena jika hal-hal dibawah ini sampai dilakukan, kemungkinan besar akan mengganggu kesehatan si kucing atau membuatnya stress.



  1. Menyalakan lilin. Tidak disarankan menyalakan lilin di daerah rendah, sebab api yang tertiup angin akan membuat kucing menjadi penasaran dan berusaha memainkannya. Pada pengalaman pertama bagi si kucing, hal ini pasti akan melukai dia baik di tangan, hidung atau bulu. Kemudian lilin aromatik sangat tidak disarankan untuk dinyalakan karena akan merusak indra penciuman kucing kesayangan kita.
  2. Membuang kardus / kotak bekas. Jangan setega itu ya tingkel. Mungkin ini hanya kotak, namun kucing biasanya suka bersembunyi di dalam kotak untuk bermain dan mencoba membuat sarang alami. Sifat rima dari si meong masih ada meskipun dia besar di penangkaran.
  3. Bangun Kesiangan. Biasanya kucing membutuhkan makanan di pagi hari, setelah semalam suntuk tidak mendapat mangsa. Wajar, dia hidup di rumah, bukan di alam liar dimana dia bisa berburu sebagai binatang nocturnal. Untuk itu, jangan sampai telat bangun karena kucing akan membangunkan tingkel dengan cakaran atau gigitan.
  4. Kucing Jantan Dewasa / Betina Dewasa tidak suka kehadiran kucing kecilyang bukan anaknya. Sikap superpower dan hukum rimba berlaku di sini, untuk itu usahakan tidak mencampur kucing kecil dengan yang dewasa ya tingkel, kasihan kittennya. Namun ada tips kok untuk mengenalkan kucing lama dan baru, baca di sini deh.
  5. Litter Box kotor. Kucing adalah binatang yang bersih, mereka tidak suka tempat buang kotoran yang penuh dengan bau bekas pup atau pipnya. Bersihkan litterbox secara rutin minimal dua hari sekali ya tingkel, demi kesehatan si meong juga.
  6. Makanan manis. Beberapa riset menunjukan jika makanan manis bisa membuat kucing alergi dan muntah-muntah. Lebih baik hati-hati ya. Toh kucing kurang bisa mengecap rasa, mereka hanya memakan sesuatu karena baunya.
  7. Over Protektif. Jangan terlalu protektif pada kucing, karena hal itu akan membuatnya terkekang. TuanMeong kadang kasihan, masih banyak kucing yang dikurung di dalam kandang. Apa manusia-manusia itu ndak mikir ya? Kami itu predator, bukan herbivor. Kami makhluk hidup yang butuh kebebasan. Kami bukan ayam yang dipelihara untuk dagingnya atau burung yang dikandangkan karena takut terbang. Kami kucing, kandang bukan tempat kami seharusnya berada. Sayang boleh, melindungi boleh, tapi kenapa harus memenjarakan kami dibalik jeruji? Mikir ndak sih manusia-manusia itu? #curhat #jengkel TuanMeong akan menulis secara khusus masalah kandang kucing ini deh.
  8. Potong Kuku. Kuku merupakan piranti kucing untuk memanjat maupun melindungi diri. Kuku juga berfungsi sebagai alat menangkap makanan. Di kuku kucing masih terdapat daging yang akan terasa sakit jika dipotong. Untuk itu usahakan tidak memotong kuku kucing dengan alasan apapun.
  9. Potong Kumis. Memotong kumis kucing akan memendekkan usia kucing. Perhatian!!! Ini larangan keras! Kumis merupakan alat kucing untuk melihat. Mata kucing memang tajam, namun rabun dekat. Hidung kucing memang tajam, namun tidak bisa mendeteksi gerakan benda tak berbau seperti besi dan kayu yang aromanya terlalu wajar untuk diwaspadai. Maka dari itu kucing butuh kumis, agar saat ada bahaya non biologis, misal batu roboh, motor, pohon tumbang dan genting jatuh, kucing bisa mendeteksi dengan leluasa.
  10. Membelai terlalu kasar. Membelai terlalu keras akan menyakiti kucing dan membuatnya tidak nyaman. Jangan suka mengelus dengan kekuatan berlebihan ya tingkel.
  11. Suara Bising. Kucing tidak menyukai suara bising. Telinga mereka sangat sensitif ya tingkel, jadi usahakan jangan membuat sesuatu yang bisa menjadikan kucing stress.
  12. Membelai bagian perut. Sebagian orang berfikir kucing pasti suka di gelitiki perutnya, namun ternyata kucing benci disentuh bagian perut, sebab bagian itu adalah bagian paling sensitif dalam arti rentan bagi kucing. Apalagi jika kucing sedang menyusui, jangan sampai menekan puting dan kantung susunya terlalu keras.
  13. Naik motor atau mobil. Ada mitos yang melarang naik mobil / motor bersama kucing karena akan menyebabkan sial. Ternyata mitos itu memang bertujuan untuk melindungi kucing. Mereka benci jika jauh dari teritorial serta berada pada suatu kondisi yang sempit namun harus bergerak dengan kecepatan tinggi. Bisa stress dan bahkan membuatnya sakit.
Nah tingkel, demikianlah beberapa larangan yang harus dihindari jika tingkel merupakan cat lover sejati. Thanks sudah membaca, jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat.



Support Group : Dunia Kucing Indonesia on Facebook
"Kirim Kisah Meong"
Klik di sini untuk mengirimkan kisah kamu dan kucingmu.
"Support Facebook Page"
Klik di sini untuk mengirimkan kisahmu via Facebook Page atau Join ke Support Group kami.
"Aturan Copy/Paste"
Klik di sini untuk membaca DMCA

Komentar Facebook Dimatikan. Gunakan Komentar Blogger untuk meninggalkan jejak.