Tentang Kucing Birman dan Foto-foto Lengkap.

Share to :
Tweet Bagikan


Kucing Birman berasal dari Birma. Asal-usul kucing ini tidak begitu jelas, namun yang pasti dia merupakan salah satu kucing domestik dengan keistimewaan tersenndiri.


Di ceritakan dalam sebuah legenda dari Khmer Birma, tentang seorang pendeta, seekor kucing bernama sinh dan kuil Lao-Tsun yang berisi patung emas seorang dewi dengan mata biru safir. Dalam sebuah tragedi perampokan, sang pendeta tewas, sehingga si kucing bernama sinh melakukan sebuah keajaiban. Dia terlihat memohon sesuatu pada sang dewi bermata safir, kemudian dia berubah menjadi kucing berwarna coklat keemasan dengan mata biru yang indah. Kucing tersebut akhirnya mengantar arwah sang pendeta menuju nirwana. Di saat yang sama, semua kucing di lingkungan kuil tersebut memiliki wujud serupa dengan sinh, yaitu bulu berwarna kecoklatan dengan mata biru safir.

Kucing Birman meripalam ras dengan ciri-ciri berwarna coklat keemasan dengan ujung kaki berbulu putih. Bulu putih ini terletak pada ujung kaki depan saja, sehingga terkesan seperti kaos kaki pada bonekah. Penampilan Birman hampir mirip dengan siamese, balinese dan juga snowshoe, hanya saja dia adalah kucing ras murni dari negata berbeda.

Berdasarkan catatan sejarah, jenis kucing ini dikembangkan pada tahun 1925, lalu menjadi populer di perancis. Birman nyaris punah pada kekacauan sepanjang perang dunia kedua, sehingga butuh waktu yang lama untuk para peternak kucing dalam mengembalikan jumlah populasinya di penangkaran.

Tahun 1959, kucing jenis birman pada akhirnya tiba di amerika dan mendapat pengakuan dari Cat Fanciers Association sebagai salah satu ras yang diakui. Pengakuan yang sama pun dilakukan oleh The International Cat Association di tahun 1979, diikuti oleh FIFe.

Jika ditinjau dari segi sifat, Birman sama seperti kucing pada umumnya. Yaitu bisa menyayangi manusia, memiliki daya tarik yang membuat manusia kagum padanya. Mata ungu atau biru milik ras ini juga merupakan keindahan tersendiri. Perwatakannya lembut, tidak terlalu agresif, serta cerdas, berbeda dengan kucing jenis Abyssinian yang heboh atau Bengal yang selalu jahil.

Berikut ini adalah foto-foto dari kucing Birman sebagai referensi buat Tingkel....

Baca selengkapnya mengenai jenis-jenis kucing hias populer di sini 












Support Group : Dunia Kucing Indonesia on Facebook
"Kirim Kisah Meong"
Klik di sini untuk mengirimkan kisah kamu dan kucingmu.
"Support Facebook Page"
Klik di sini untuk mengirimkan kisahmu via Facebook Page atau Join ke Support Group kami.
"Aturan Copy/Paste"
Klik di sini untuk membaca DMCA

WEBSITE DALAM PERBAIKAN, JIKA OM DAN TANTE MENEMUKAN GAMBAR YANG HILANG DARI SUATU ARTIKEL, MOHON TINGGALKAN KOMENTAR PEMBERITAHUAN PADA ARTIKEL TERSEBUT. TERIMAKASIH!


Komentar Facebook Dimatikan. Gunakan Komentar Blogger untuk meninggalkan jejak.