Tentang Kucing British Shorthair dan Foto Lengkap

Share to :
Tweet Bagikan


British Shorthair merupakan salah satu jenis kucing tertua. Dia berbadan sedang dan berbulu pendek. Karena keindahannya, British Shorthair sering dijadikan ikon maupun maskot dari brand-brand tertentu.


Diyakini pula, masuknya kucing ini ke Inggris memiliki kaitan erat dengan penguasaan bangsa romawi, dimana sejak saat itu, pertanian di inggris mulai berkembang. Dari aspek pertanian tersebut, masalah hama mulai muncul, sehingga mereka butuh salah satu pengendali alami yang mampu menekan pertumbuhan hama. Atas alasan tersebut, banyak serdadu romawi yang membawa kucing sebagai salah satu alat yang cukup ampuh dalam pengendalian tikus.

Pada masa ini, nenek moyang British Shorthair tidak dijadikan pet atau binatang kesayangan, melainkan binatang pekerja yang harus menjaga hasil pertanian, terutama gandum. Mereka lebih banyak tinggal di gudang dan jauh dari campur tangan manusia. Gaya hidup tersebut rupanya mampu menjadikan nenek moyang British Shorthair, beranak-pinak dengan baik, sehingga tak ada lagi kucing impor selama beberapa dekade ke depan.

Kemudian, kucing yang telah hidup lama di wilayah inggris, mengalami proses adaptasi sehingga lahirlah jenis dengan badan kokoh dan bulu tebal. Bulu mereka adalah salah satu alat pertahanan untuk rendahnya suhu di musim dingin. Baru sekitar abad ke 18, para pecinta kucing inggris mulai sadar, jika ras tersebut memiliki unsur keindahan sebagai kucing hias. Sehingga, pada tahun 1889 British Shorthair mendapatkan status Ras-nya.

Namun sayang, masa kejayaan British Shorthair sempat akibat masuknya jenis Persia maupun Siam. Cobaan itu tersus berlanjut hingga Perang Dunia Kedua, dimana popilasi kucing British Shorthair berkurang drastis, walaupun akhirnya British Shorthair dapat diselamatkan dengan cara persilangan dengan kucing persia. Kemudian, pada tahun 1980, CFA mengakui keberadaan Ras British Shorthair, lalu direvisi kembali oleh TICA di tahun 1993.

Saat ini, popularitas British Shorthair telah kembali bersinar dengan adanya trend kucing peliharaan. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya brand yang menggunakan British Shorthair sebagai maskot / ikon, antara lain,
- Cheshire Cat pada film animasi Alice's Adventures in Wonderland
- British Shorthair dengan pola warna silver tabby menjadi ikon produk makanan kucing, Whiskas

Karakteristik / Ciri-ciri.
- Ukuran tubuh sedang hingga besar standart kucing peliharaan.
- Berat 4-8 kg.
- Postur padat, kompak, kuat, berotot di dada, pendek, dengan pinggul dan bahu yang lebar.
- Kepala berbentuk bulat, pipi berisi penuh.
- Hidung pesek dan lebar (lurus tanpa ada tekukkan).
- Dagu bulat.
- Kucing jantan bertubuh lebih besar dibanding betina.
- Berat rata–rata mencapai 5-10 kg ( jantan ), 5-7 kg ( betina ).
- Telinga berukuran sedang dan lebar.
- Jarak antara telinga sedang.
- Mata besar dan berbentuk bulat.
- Variasi warna, yaitu gold, copper, odd-eyes dan blue.
- Ukuran kaki pendek dengan tulang yang kuat dan berotot.
- Bentuk cakar membulat pada jari–jarinya.
- Ekornya tebal, padat, dan tidak terlalu berbulu namun indah dengan ujung ekornya yang tumpul.


Oke Tingkel, sepertinya itu saja dulu penjelasan TuanMeong tentang British Shorthair. Di bawah ini, Tingkel bisa melihat koleksi gambar yang sudah TuanMeong dapatkan dari berbagai sumber. Sebagai credit untuk publikasi gambar, tingkel bisa melihat nama filenya ya.

 Ketahui lebih banyak tentang Jenis-Jenis Kucing Peliharaan Populer di sini 












Support Group : Dunia Kucing Indonesia on Facebook
"Kirim Kisah Meong"
Klik di sini untuk mengirimkan kisah kamu dan kucingmu.
"Support Facebook Page"
Klik di sini untuk mengirimkan kisahmu via Facebook Page atau Join ke Support Group kami.
"Aturan Copy/Paste"
Klik di sini untuk membaca DMCA

WEBSITE DALAM PERBAIKAN, JIKA OM DAN TANTE MENEMUKAN GAMBAR YANG HILANG DARI SUATU ARTIKEL, MOHON TINGGALKAN KOMENTAR PEMBERITAHUAN PADA ARTIKEL TERSEBUT. TERIMAKASIH!


Komentar Facebook Dimatikan. Gunakan Komentar Blogger untuk meninggalkan jejak.