Tentang Kucing Exotic Shorthair dan Foto lengkap

Share to :
Tweet Bagikan


Pernahkah tingkel mendengar tentang kucing Exo? Yap, bagi para Catlover pasti tidak asing lagi dengan Ras kucing berharga mahal ini. Mereka banyak digemari oleh sebagian kalangan di komunitas pecinta kucing. Namun bagi tingkel yang masih penasaran dengan kucing Exo, kali ini TuanMeong akan menuliskan beberapa hal penting berkaitan dengan kucing tersebut. Semoga tulisan TuanMeong bermanfaat untuk menambah wawasan tingkel dirumah.


Exotic Shorthair merupakan peranakan kucing Persia yang sengaja di kembangkan menjadi kucing Persia berbulu pendek. Itulah yang menyebabkan kucing Exo memiliki tampilan yang sama dengan Persia, baik dari sisi fisik maupun sifat, kecuali memang bulunya yang pendek.

Kucing Exo awalnya dikembangkan secara rahasia di Amerika pada tahun 50an, untuk meningkatkan kualitas warna bulu kucing American Shorthair. Namun mereka ternyata gagal, sehingga munculah kucing Ras baru dengan ciri tulang besar, kepala bulat, hidung pendek dan bulu tebal panjang. Awalnya Ras ini kurang disukai, namun seorang pengembang bernama Jane Martinke justru mendaftarkan Ras ini ke CFA. Pada tahun 1967, kucing ini pun mendapat pengakuan dari CFA dengan nama Exotic Shorthair ( hasil persilangan antara Persia - American Shorthair ).

Karakter Sifat :
- Lembut dan tenang ( Mirip Persia).
- Lebih aktif dibandingkan dengan kucing persia.
- Memiliki sifat penasaran dan senang bermain.
- Mudah bersahabat dengan hewan piaraan lain.
- Membutuhkan kehadiran pemiliknya (baik suara, bau, benda-benda milik majikan).
- Cenderung menunjukkan rasa suka dan loyal kepada majikan.
- Cenderung Tenang.
- Pandai berburu tikus.

Karakter Fisik :
- Sangat mirip dengan kucing persia.
- Kepala oval dan padat, hidung kecil dan pesek.
- Telinga kecil dan bulat diujungnya.
- Jarak antar kuping lebar dan terdapat bulu-bulu di bagian dalamnya.
- Matanya besar dan bulat.
- Badan berukuran medium dan berbentuk cobby.
- Memiliki bahu yang padat, tulang besar dan otot yang kuat.
- Berat kucing ini antara 3,5 – 6 kilogram.
- Ekor pendek, tebal dan membulat diujungnya.
- Bulu kucing ini pendek dibandingkan dengan kucing persia, namun sedikit lebih panjang dibandingkan dengan ras shorthair lainnya.
- Jenis warna dan pola bulu kucing ini sama dengan yang dimiliki kucing persia, seperti solid, bicolours, tabbies, tortoiseshells, shaded, tipped, dan colourpointed.

Kucing ini tidak terlalu membutuhkan perawatan yang rumit. Mereka mudah merapikan bulu, sehingga tingkel cukup menyisir bulunya seminggu sekali. Harus diperhatikan, perawatan bulu meskipun hanya kadang kala, tapi tetap perlu dilakukan agar tidak terlalu banyak bola bulu yang tertanam di dalam perut si kucing. Kasihan ya tingkel!

Perhatian kecil juga wajib dilakukan saat si meong mengalami rembesan air mata. Segera bersihkan dengan kain basah atau tisyu lembut, sehingga tidak meninggalkan bekas noda yang mengganggu penampilan.

Dibawah ini adalah foto-foto dari kucing Exo...
Ketahui lebih banyak tentang Jenis-Jenis Kucing Peliharaan Populer di sini 








 



Support Group : Dunia Kucing Indonesia on Facebook
"Kirim Kisah Meong"
Klik di sini untuk mengirimkan kisah kamu dan kucingmu.
"Support Facebook Page"
Klik di sini untuk mengirimkan kisahmu via Facebook Page atau Join ke Support Group kami.
"Aturan Copy/Paste"
Klik di sini untuk membaca DMCA

WEBSITE DALAM PERBAIKAN, JIKA OM DAN TANTE MENEMUKAN GAMBAR YANG HILANG DARI SUATU ARTIKEL, MOHON TINGGALKAN KOMENTAR PEMBERITAHUAN PADA ARTIKEL TERSEBUT. TERIMAKASIH!


Komentar Facebook Dimatikan. Gunakan Komentar Blogger untuk meninggalkan jejak.