Tentang Kucing Rex dan Foto Lengkap

Share to :
Tweet Bagikan


Tingkel, jika kita bicara masalah Ras Kucing Rex, maka kita pasti akan menemukan dua jenis ras, yaitu Devon Rex dan Selkirk Rex. TuanMeong akan membahas kedua jenis tersebut dalam satu artikel, dengan contoh foto dari masing-masing jenis.


[ Kucing Devon Rex ]
Memiliki ciri khas bulu keriting dan pendek. Bulu kucing ini pun sangat lembut. Beberapa ahli binatang mengatakan, Devon Rex merupakan kucing yang aman untuk para penderita alergi bulu. Jenis ini ditemukan oleh Beryl Cox di Buckfastleigh, Devon, Inggris pada tahun 1960, sehingga nama sang penemu pun diadopsi sebagai nama ras-nya. Devon Rex memiliki julukan "Pixie Cat" atau "Alien Cat", karena penampilannya yang aneh dan unik. Mereka pada awalnya dianggap sebagai keluarga dari Ras Cornish Rex, namun penelitian ahli satwa menolak anggapan tersebut.

Ciri keriting pada bulu Cornish Rex merupakan hasil mutasi genetik. Ciri khas lain adalah bentuk telinga besar dan membulat. Kumis dari Cornish Rex pun nampak pendek dan dalam beberapa kasus, ditemukan pula yang keriting, sehingga terlihat seperti tidak memiliki kumis.

Mereka merupakan kucing yang nakal, aktif dan suka bermain. Jenis ini juga memiliki kecenderungan senang dekat dengan pemiliknya. Keunikan berikutnya adalah mereka dikatakan sebagai kucing yang menyerupai anjing, kucing dan monyet sekaligus dengan alasan; kemampuan melompat yang tinggi, cerdas, mudah dilatih, suka bereksplorasi atau menyusuri setiap sudut habitatnya, bisa dilatih untuk mengambilkan barang, berdiri dan lain  sebagainya. Wah, hebat banget ya si Devon Rex.

[ Kucing Selkirk Rex ]
Mereka berasal dari Montana, AS. Kucing ini juga terlahir akibat mutasi genetik alami dengan tubuh besar yang kokoh mirip British ShortHair. Berdasarkan catatan sejarah, kucing Selkirk Rex merupakan hasil persilangan dari seekor kucing betina aneh yang ditemukan di penampungan hewan, dengan kucing persia jantan. Dari sanalah akhirnya muncul ras baru yang saat ini kita sebut sebagai Selkirk Rex.

Selkirk Rex terdiri dari Shorthair dan Longhair, dimana bulunya selalu tebal dan keriting mirip bulu domba, serta punya kecenderungan rontok. Keberadaan kucing Selkirk Rex pertama kali diakui oleh The International Cat Association (TICA) pada tahun 1992.Disusul pengakuan dari American Cat Fanciers Association pada tahun 1998, dan Cat Fanciers' Association (CFA) pada tahun 2000.

Sifat : cenderung santai, manja, tetapi juga senang bermain.
Kesehatan : Memiliki daya tahan tubuh yang tinggi. Belum ditemukan masalah khusus sekalipun mereka berasal dari hasil persilangan yang bermutasi, namun mereka masih bisa mengalami iritasi di telinga bagian dalam karena efek bulunya yang keriting. Hal itulah yaang mengharuskan para pecinta kucing wajib sering memandikannya.

Berikut ini adalah foto-foto kucing Rex dari kedua jenis di atas.

Ketahui lebih banyak tentang Jenis-Jenis Kucing Peliharaan Populer di sini 

[ Kucing Selkirk Rex ]





 
 [ Kucing Devon Rex ]








Support Group : Dunia Kucing Indonesia on Facebook
"Kirim Kisah Meong"
Klik di sini untuk mengirimkan kisah kamu dan kucingmu.
"Support Facebook Page"
Klik di sini untuk mengirimkan kisahmu via Facebook Page atau Join ke Support Group kami.
"Aturan Copy/Paste"
Klik di sini untuk membaca DMCA

Komentar Facebook Dimatikan. Gunakan Komentar Blogger untuk meninggalkan jejak.