Update Sains Kucing : Alasan Kucing Menjilati Kucing Lain

Share to :
Tweet Bagikan


TuanMeong - Kucing dari berbagai Jenis maupun Ras memiliki kebiasaan suka menjilati antar sesama kucing. Kebiasaan lain yang sering kita jumpai adalah menjilati atau menggigit bagian tubuh majikan. Namun dalam tulisan ini secara spesifik kita akan membahas mengapa kucing suka saling menjilat saat sedang bersantai dengan kucing lain yang serumah / satu habitat.


Dalam Video yang sudah TuanMeong sertakan, menunjukan aktifitas jilat menjilat yang dilakukan oleh TuanMeong sendiri bersama dek cemplon. Kegiatan ini terjadi tadi malam 12 September 2016 Pukul 00.01 WIB. Video telah di edit menggunakan subtitle dan sedikit efek agar Tingkel tidak bosan dalam menontonya.

Oke, apa alasan kucing menjilat?
  1. Alasan pertama sudah di bahas dalam artikel yang ini, yaitu sebagai cara untuk menetralkan bau asing, serta upaya membersihkan tubuh. Tingkel bisa view selengkapnya di sana aja deh.
  2. Kedua, kucing menjilati majikan juga sebagai ungkapan kasih sayang dan menandai jika manusia yang ia jilat adalah miliknya.
  3. Ketiga, jika kucing lain saling menjilati, artinya adalah sebuah upaya bersosialisasi, tingkel. Nah, alasan ketiga inilah yang akan kita bahas secara mendetail.
 
Bonito & Cemplon

Kegiatan Saling Menjilat.
Kebiasaan unik antar kucing yang sering diperlihatkan pada manusia adalah tingkah sok bertarung, berebut makanan, menjilat kucing lain, berebut mainan, saling mengeong, saling mendesis, perkelahian ataupun mengendus bagian anal kucing lain. Hal-hal tersebut merupakan upaya bangsa kucing dalam melakukan sosialisasi atau pergaulan.

Layaknya para manusia, kucing memiliki cara sendiri untuk mengungkapkan maksud serta perasaan kepada sesama. Cara-cara ini terjadi dikarenakan bangsa kucing tidak memiliki bahasa seperti kita tingkel, itu artinya mereka hanya memberikan sinyal dalam bentuk suara dengan nada dan ritme tertentu ( bahasa tingkat rendah ), juga perbuatan perbuatan khusus yang mungkin harus tingkel fahami sebagai seorang pecinta kucing.

Mengungkapkan kasih sayang.
Salah satu arti dari kegiatan menjilat antar kucing adalah sebagai ungkapan kasih sayang. Perlu tingkel fahami, kasih sayang di sini bukan bermakna seksual, sebab bangsa kucing memiliki cara tersendiri untuk ritual ajakan kawin.

Biasanya, jilat-menjilat dilakukan pada saat kucing sedang bersantai, bangun tidur, bermain atau berada dalam sebuah momen dengan kondisi sangat dekat. Bisa saja seekor kucing hanya menjilat selama sekian detik yang terdiri dari satu atau dua jilatan saja, namun bisa juga terjadi selama bermenit-menit.

Kasih sayang induk ke anak.
Induk kucing menjilati anak-anak mereka sesaat setelah dilahirkan sebagai sarana membersihkan air ketuban dan darah yang masih menempel pasca persalinan. Kemudian sang induk akan melakukan kegiatan rutin tersebut selama 3 sampai 4 kali sehari, atau mengikuti volume banyaknya waktu dia menyusuhi.

Sang induk kadang menjilati salah satu anak yang kurang lahap dalam menyusu, sebab dengan sentuhan atau belaian lidah tersebut, dapat merangsang nafsu makan sang anak melalui sensor sarafnya yang masih sensitif. Sama seperti saat kita kecil dulu, Ibu akan menyuapi kita jika kita tidak berselera makan.

Mirip aktivitas ciuman.
Jika dua ekor kucing bertemu, kemudian salah satu dari mereka menjilat bagian pipi atau bagian bawah telinga, hal ini bisa disamakan dengan sebuah ciuman. Bisa dipastikan kucing yang dijilat bagian pipi tersebut akan memejamkan mata dan sedikit mendongak. 

Sikap ini terjadi bukan hanya diantara kucing berbeda jenis kelamin saja, namun juga dilakukan oleh sesama jenis kelamin jika mereka sudah akrab dalam satu lingkungan.

Aktivitas bergaul berdasarkan kelas.
Ada banyak cara bagi kucing jika ingin menunjukan eksistensinya di habitat. Kucing dominan atau yang menguasai suatu lingkungan, akan aktif menjilati kucing-kucing yang tunduk pada kekuasaanya. Dia ingin menunjukan sikap mengayomi serta memberikan kenyamanan pada mereka yang ada dalam kekuasaan si kucing.


Tos dan ucapan "Whats is up!"
Jika tingkel pernah mengucapkan, "Hai apa kabar?" pada sahabat yang sudah lama tida bertemu, mungkin kucing juga punya cara untuk melakukan hal yang sama. Aktifitas ini biasanya dilakukan oleh kedua kucing yang sudah lama tidak bertemu, namun mereka masih saling mengenali baunya masing-masing.

Biasanya, diawali dengan sikap saling mengendus, saling menatap selama beberapa detik, kemudian saat sudah yakin sosok yang ada di depannya adalah yang dia kenal, maka kucing akan menjilat sebanyak dua sampai tiga jilatan di bagian wajah. Biasanya, kucing lebih lemah akan menjilat kucing yang kuat, seolah-olah dia sedang memberikan penghormatan dalam pertemuan tersebut.

Dalam video di bawah ini, Tingkel akan melihat betapa lucunya TuanMeong dan Cemplon saat berada dalam kegiatan saling menjilat. Selamat menonton ya Tingkel,jangan lupa subscribe channel TuanMeong ya.
SAINS - ALASAN KUCING SUKA MENJILAT KUCING LAIN
https://youtu.be/aWngAQ3cwy0



Support Group : Dunia Kucing Indonesia on Facebook
"Kirim Kisah Meong"
Klik di sini untuk mengirimkan kisah kamu dan kucingmu.
"Support Facebook Page"
Klik di sini untuk mengirimkan kisahmu via Facebook Page atau Join ke Support Group kami.
"Aturan Copy/Paste"
Klik di sini untuk membaca DMCA

WEBSITE DALAM PERBAIKAN, JIKA OM DAN TANTE MENEMUKAN GAMBAR YANG HILANG DARI SUATU ARTIKEL, MOHON TINGGALKAN KOMENTAR PEMBERITAHUAN PADA ARTIKEL TERSEBUT. TERIMAKASIH!


Komentar Facebook Dimatikan. Gunakan Komentar Blogger untuk meninggalkan jejak.