Waspada Inilah Makanan Berbahaya Untuk Kucing Kamu | Sebarkan Ya!

Share to :
Tweet Bagikan


Sebagai seorang pecinta kucing, Onty dan Ongkel wajib memperhatikan suplay nutrisi dan jenis makanan yang diterima oleh perut si Meong. Jangan sampai onty dan ongkel memberikan jenis makanan yang berbahaya untuk pencernaan mereka. Pemberian Ikan Segar yang dikukus atau Dry Food memang bagus, namun terkadang ada beberapa orang yang tidak memahami jenis-jenis makanan tertentu yang membuat kucing menjadi sakit ringan atau bahkan mengalami gangguan kronis kesehatan.


Berikut ini merupakan jenis-jenis makanan, bahan makanan dan juga camilan yang sebaiknya dihindarkan dari kucing. Jangan sampai kita tidak mengetahui hal ini sehingga terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada Meong kesayangan.
Makanan Berbahaya untuk kucing
Ilustrasi
 1. Makanan yang mengandung kafein.
Jauhkan kopi dan semua makanan / minuman yang mengandung kafein dari kucing. Karena zat kafein bisa mengganggu syaraf kucing dan menimbulkan reaksi gemetar atau bahkan lemas, menyebabkan muntah dan juga diare. Jadi waspada ya tingkel.
Makanan Berbahaya untuk kucing
2. Coklat dan hasil olahan coklat.
Di dalam coklat terdapat zat bernama theobromine yang jika diberikan dalam jumlah besar akan mengakibatkan kematian pada kucing. Efek fisik yang ditimbulkan dari pemberian coklat secara berlebihan atau dalam dosis tertentu akan menyebabkan diare, muntah, dehidrasi, demam, kejang-kejang dan efek-efek berbahaya lainnya. Jadi kasihan banget ya tingkel kalau sampai itu dialami kucing anda.
Makanan Berbahaya untuk kucing
3. Anggur kering, anggur segar dan kismis.
Efek makanan ini bagi kucing sangatlah berbahaya, karena dapat menimbulkan gagal ginjal, rata-rata sampai 24 jam setelah pemberian. Maka dari itu usahakan untuk menjauhkan makanan jenis ini dari kucing peliharaan anda.

4. Olahan bawang atau bawang utuh.
Bumbu dapur yang satu ini bisa merusak sel darah merah kucing loh. Sangat berbahaya untuk kucing.

5. Tomat Hijau.
Tau ndak tingkel? Kandungan alkaloid pada tomat hijau sangat beracun untuk kucing dan bisa merusak pencernaan. Jadi periksalah kembali sayur olahan tingkel jika ingin memberikan sedikit sisanya untuk si meong.

6. Alpukat / Alvocado.
Yang ini tak kalah dahsyat juga, zat persin dalam daun, batang, pohon dan buah alpukat bisa merusak jaringan otot binatang, jadi usahakan jangan sampai kucing kita menelan hasil olahan alpukat.

7. Nasi dan makanan berkarbohidrat.
Karbohidrat memang bagus untuk manusia, namun tidak bagi kucing. Lambung dan usus kucing tak mampu mencerna nasi, sehingga kerja perut kucing akan menjadi lebih sengsara akibat adanya karbohidrat berlebihan, sehingga menyebabkan kucing sakit atau diare. Boleh sih ngasih nasi ke kucing, tapi jangan terlalu sering ya tingkel.
Makanan Berbahaya untuk kucing
8. Alkohol.
Bagi manusia saja alkohol itu tidak dianjurkan, apalagi untuk kucing! Usahakan tingkel tidak memberikan makanan atau manisan hasil fermentasi yang mengandung alkohol seperti tape dan manisan buah khas indonesia, sebab kandungan alkohol yang ada di sana, meskipun kecil namun bisa merusak sistem syaraf kucing. So... be carefull!

Makanan Berbahaya untuk kucing

10. Permen manis.
Jika ingin memberikan permen pada kucing, periksalah komposisi pembuatannya. Jangan sampai permen tersebut mengandung Xylitol, sebab Xylitol dapat mengakibatkan hipoglikemia atau gula darah rendah yang meningkatkan sekresi insulin. Xylitol juga bisa merusak hati. Untuk itu pastikan kandungan zat tersebut tidak ada pada permen yang dijilati si meong.
Makanan Berbahaya untuk kucing
Demikianlah penjelasan TuanMeong pada artikel tentang jenis-jenis makanan berbahaya untuk kucing. Semoga bermanfaat bagi cat lover semuanya.

Selamat Malam
TuanMeong



Support Group : Dunia Kucing Indonesia on Facebook
"Kirim Kisah Meong"
Klik di sini untuk mengirimkan kisah kamu dan kucingmu.
"Support Facebook Page"
Klik di sini untuk mengirimkan kisahmu via Facebook Page atau Join ke Support Group kami.
"Aturan Copy/Paste"
Klik di sini untuk membaca DMCA

WEBSITE DALAM PERBAIKAN, JIKA OM DAN TANTE MENEMUKAN GAMBAR YANG HILANG DARI SUATU ARTIKEL, MOHON TINGGALKAN KOMENTAR PEMBERITAHUAN PADA ARTIKEL TERSEBUT. TERIMAKASIH!


Komentar Facebook Dimatikan. Gunakan Komentar Blogger untuk meninggalkan jejak.

0 Response to "Waspada Inilah Makanan Berbahaya Untuk Kucing Kamu | Sebarkan Ya!"

Posting Komentar

Welcome Cat Lovers, Please make us better with your comment...