3 Tips Ampuh Mengatasi Kutu Kucing Silahkan Coba!

Share to :
Tweet Bagikan


Memiliki peliharaan berbulu memang menyenangkan. Namun hal tersebut akan menjadi sebuah masalah apabila bulu kucing mengalami serangan parasit berkaki 8 yaitu kutu. Orang jawa menyebut kutu kucing ini dengan nama "Pinjal". Pinjal sangat liar dan lincah. Mirip dengan pepatah kutu loncat, begitu dia lepas dari tubuh kucing, dia akan melompat dengan lihai dan menghilang entah kemana. Sebenarnya kutu tersebut lari mencari inang baru atau berusaha kembali ke inang lama. Ini yang menyebabkan kutu sangat menular, meskipun jika dalam beberapa jam sang kutu tidak mendapat inang baru, dia akan mati kelaparan.


www.tuanmeong.com
TuanMeong

Kutu Kucing berbahayakah bagi manusia?

Meskipun kutu kucing tidak akan menyerang manusia, mereka bisa dianggap tidak berbahaya, namun ada tanda kutipnya Cat Lover, mereka bisa menjadi perantara cacing pita, jika sampai telur cacing pita yang ada di tubuh kutu tersebut hinggap di tubuh manusia, telur tadi bisa saja menetas dan menginfeksi tubuh anda. Maka hati-hatilah.

Kutu Kucing menyebabkan anemia karena menghisap darah

Lucu juga saat mendengar hewan kecil ini menyebabkan anemia pada kucing. Namun ketahuilah Cat lover, ukuran kecil bukanlah alasan bagi mereka untuk tidak menghabiskan kadar darah kucing. Apabila serangan parah dibiarkan dalam waktu yang lama, kutu akan berkembang biak dari ratusan ekor menjadi ribuan ekor, mereka semua butuh makan dan makanan mereka merupakan darah kucing. Kerja sama koloni kutu itulah yang harus kita hindari sebisa mungkin, sebab tentu saja kita tidak boleh membiarkan kucing kesayangan kita menjadi lemah dan berujung pada sakit.
kutu kucing jawa
Kutu Dewasa

Kutu Menyebabkan Iritasi Kulit

Setiap menghisap darah, kutu akan memberikan rasa nyeri atau gatal pada kucing. Masalah ini pun mengakibatkan kucing menggaruk-garuk kulit dan bulunya secara terus menerus. Proses menggaruk tersebut akan menyebabkan kulit menjadi terluka, memerah, sobek, bahkan terjadi pembusukan atau yang sering kita sebut luka bernanah.

kutu kucing menular
Penularan Kutu Kucing

Siklus Hidup Kutu Kucing


kutu kucing
Siklus Kutu Kucing
Telur Kutu.
Jumlah telur yang dikeluarkan tiap kutu betina bertelur adalah 30 hingga 50 butir. Maka jika ada 100 ekor kutu betina di dalam bulu kucing, itu bisa menyebabkan 3000 hingga 5000 telur per musim kawin.
Larva Kutu
Telur akan menetas setelah 2 hari berada di tubuh kucing. Mereka berukutan sangat kecil dan akan memakan kotoran dari kutu dewasa yang pada dasarnya adalah darah kucing yang telah dicerna.
Kepompong Kutu
Entah kenapa kepompong kutu ini sangat hebat. Mereka bisa menetas menjadi kutu dewasa dalam waktu 2 minggu, namun bisa juga bertahan hingga 2 tahun lamanya. Kepompong kutu ini akan bertahan hidup meski ditenggelamkan atau di panaskan. Sangat menyeramkan bukan?
Kutu Dewasa
Panjang mereka hanya 2-3 mm. Warna antara coklat hingga kehitaman, meminum darah dan mampu bertahan cukup lama sebagai individu tunggal di dalam lautan bulu kucing. Binatang ini meski bukan binatang beracun, namun bisa menjadi masalah serius apalagi jika kita memelihara banyak kucing dan semuanya tertular kutu.
Kutu dewasa
Kutu Dewasa

Cara Mengatasi Kutu Kucing

Untuk penanggulangan kutu kucing kita membutuhkan kesabaran ekstra, kemudian anda harus berani mengambil resiko apalagi jika serangan kutu sudah sangat parah. Resiko macam apakah itu? Silahkan di baca tips pertama.

Pertama, Gunakan Sabun Ini Untuk Membasmi Kutu

Lucu juga saat kita membaca kenapa sabun yang ada di dalam foto di bawah ini adalah cara ampuh namun beresiko pada kucing. Resikonya adalah bulu rontok, namun resiko tersebut bisa ditanggulangi atau bahkan tidak akan pernah terjadi, mengingat daya tahan tubuh kucing berbeda-beda.
ambuh menghilangkan kutu
Pembasmi Kutu

Berdasarkan pengalaman, TuanMeong pernah dimandikan dengan sabun ini dan tidak terjadi apa-apa kok. Makanya jangan manja, jadilah kucing yang kuat biar selalu bisa menghadapi tantangan hukum rimba hehe.
Sabun di atas merupakan jenis sabun cuci piring. Namun entah mengapa, kandungan di dalam sabun tersebut tidak hanya bisa membasmi, tapi juga membunuh kutu dalam sekejap. Coba saja jika Cat Lover ragu.
CARANYA Mandikan kucing anda, lalu biarkan busa mengembang di seluruh bagian bulu secara merata, usahakan bagian kepala tidak terkena sabun. Pada bagian kepala tersebut tetap dibasuh dengan air, sehingga kita bisa melepas kutu di kepala secara manual. Namun untuk kutu di anggota tubuh lain, biarkan mereka menikmati mandi busa yang harum.
Bisa dijamin, usai mandi busa dari sabun cuci ini, para kutu akan mabuk, bahkan tewas dengan kondisi mengenaskan haha. Mereka bisa rontok saat Cat Lover menyisir bulu kucing yang masih basah. Segeralah rontokan kutu-kutu tersebut, berikan alas yang lebar agar para kutu bisa dikumpulkan dalam satu tempat, lalu musnahkan mereka dengan cara dibakar, masukan kedalam api.

Kedua, vacuum karpet & cuci selimut kucing dengan air mendidih

Untuk membasmi sisa-sisa telur kutu, larva kutu dan indukan kutu dewasa, bersihkan selimut kucing dan karpet rumah anda dengan vacuum cleaner. Khusus untuk alas tidur kucing, rendam mereka dengan air panas / mendidih agar yakin telur dan larva mati.

Ketiga, Gunakan Shampoo anti kutu dan sisir kutu sebagai perawatan

Untuk yang terakhir ini, Cat Lover bisa melakukannya secara wajar. Cukup mandikan kucing anda dengan shampoo yang benar, bukan sabun cuci piring lagi. Sebagai perawatan memanglah harus rajin memandikan kucing, setidaknya 2 minggu sekali. Dengan begini, kucing akan terbebas dari gangguan kutu yang menjengkelkan.

Salam Bersih,
TuanMeong



Support Group : Dunia Kucing Indonesia on Facebook
"Kirim Kisah Meong"
Klik di sini untuk mengirimkan kisah kamu dan kucingmu.
"Support Facebook Page"
Klik di sini untuk mengirimkan kisahmu via Facebook Page atau Join ke Support Group kami.
"Aturan Copy/Paste"
Klik di sini untuk membaca DMCA

WEBSITE DALAM PERBAIKAN, JIKA OM DAN TANTE MENEMUKAN GAMBAR YANG HILANG DARI SUATU ARTIKEL, MOHON TINGGALKAN KOMENTAR PEMBERITAHUAN PADA ARTIKEL TERSEBUT. TERIMAKASIH!


Komentar Facebook Dimatikan. Gunakan Komentar Blogger untuk meninggalkan jejak.

0 Response to "3 Tips Ampuh Mengatasi Kutu Kucing Silahkan Coba!"

Posting Komentar

Welcome Cat Lovers, Please make us better with your comment...