Arti Rahasia dari Ngeongan Kucing - Cat Lover Wajib Mengetahui!

Share to :
Tweet Bagikan


Mengeong atau Meong-meong merupakan istilah yang dibuat manusia untuk meng-interpretasikan suara kucing. Mengeong merupakan cara kucing berkomunikasi. Biasanya bangsa kucing memiliki beberapa metode utama dalam komunikasi.
Kucing Kecil Mengeong
Diantaranya yang TuanMeong ketahui tentang cara komunikasi kucing adalah Mengeong, Menatap dengan tatapan mata tertentu ( melotot, memelas, tajam, sengaja disipitkan ), menggunakan penciuman / pengendusan bau bagian pantat, menggunakan tanda cakaran dan juga menggunakan sinyal spraying yang disemprotkan pada area-area tertentu.

Beberapa nada atau intonasi kucing mengeong antara lain :
1. Ngeong, ngeong, ngeong atau meong, meong, meong, tergantung kita mengintepretasikan bentuk penulisan suara tentunya. ( nada pendek-pendek )

Nada pertama ini biasanya berarti kucing ingin keluar kandang, ingin keluar rumah, sedang berada pada kesedihan. Mungkin si meong ditinggalkan teman, anak ataupun majikan bepergian.

2. Mauuuung, Maunggg, Maungggg  / Ngaung, Ngaung, Ngaung ( biasanya dalam nada ini huruf U memang terasa kental sehingga terkesan berkata "Maung" )

Nada kedua berarti si meong sedang mencari majikan atau mencari anak-anaknya. Terkadang bisa tingkel temui, saat induk kucing kampung membawa seekor tikus atau seekor burung, pasti mengucapkan suara ini. Bisa dipastikan anak-anak si induk akan segera merapatkan barisan untuk berebut makanan secara hukum rimba hahaha.

3. Ngrrrruungg, ngrrrunggg, ngrrrrung ( nada berderik dengan huruf U terdengar jelas )

Cirikhas paling utama dari nada ini adalah ajakan kawin atau sedang mencari dimana keberadaan pasangannya. Namun dalam beberapa kasus, induk kucing juga mengeluarkan nada yang sama untuk mencari anaknya, tapi dia tidak sedang membawa makanan--panggilan bercengkerama dan menyusui. Jadi bisa disimpulkan; kucing mengeluarkan nada ini untuk memanggil kucing lain yang dia sayangi.

4. Ngaaaaaa... ( penekanan pada huruf A yang panjang namun hanya sesekali )

Kucing dengan suara ini pada dasarnya adalah sedang menyapa, entah itu menyahut panggilan sang majikan, atau menyapa makhluk lain yang ada di sekitarnya. Bisa dibuktikan sendiri kok tingkel. Coba deh saat kucing anda sedang berdiam diri, ajak dia berbicara, pasti dia akan menjawab "Ngaaaaa".

5. Meeeeeeeee atau Ngeeeee ( penekanan pada huruf E tanpa ada dengungan NG di akhir suara )

Suara khas kucing kecil atau kucing dewasa saat sedang meminta makan. Seringkali ucapan "Meeee" dikeluarkan kucing sambil mendongak karena sang majikan sedang membawa makanan yang menurutnya lezat. Hayoooooo, iya kan?

6. Miiiiaaaaaa, Miiiaaaaa atau Miiiaawww ( seolah memanggil mbak mia yang berlesung pipit :p )

Suara ini dikeluarkan saat kucing sedang kesakitan. Coba aja jika suatu saat kucing tingkel terjepit kakinya, atau tangannya, dia akan berteriak memanggil mbak mia dengan sangat keras.

Untuk kucing kecil, biasanya menggunakan nada ini saat dia tersesat dan ingin memanggil induknya. "Miaaa" untuk kucing kecil merupakan kebalikan dari nada nomor 7.

7. Auuuu, Auuuu, Auuu ( terasa seperti kombinasi dari huruf A dan U akibat bibir kucing tidak bersentuhan saat bersuara )
Kucing Mengeong
Arti dari nada ini sama dengan nada nomor 3. Kucing yang kehilangan sosok yang dia sayangi, akan panik dan mengucapkan "Auuu, auu, auu," secara berulang-ulang. Jika nada nomor 3 berfungsi untuk memanggil, nada nomor 7 ini berfungsi untuk mencari dan memberi petunjuk agar kucing lain menemukannya. Nada nomor 7 hanya dikuasai oleh kucing dewasa.

8. Ngaaakhhhhh ( Suara Ngeong ditambah adanya geraman dan desisan / Hissing )

Nah, untuk satu ini sudah jelas si kucing sedang marah dan/atau dalam keadaan bertarung.

Oke, tingkel, gimana? Sudah ngerti tentang arti bahasa mengeong pada kucing? Jika masih ada yang kurang, mohon tambahkan melalui komentar :)

Salam Ngeong.
TuanMeong



Support Group : Dunia Kucing Indonesia on Facebook
"Kirim Kisah Meong"
Klik di sini untuk mengirimkan kisah kamu dan kucingmu.
"Support Facebook Page"
Klik di sini untuk mengirimkan kisahmu via Facebook Page atau Join ke Support Group kami.
"Aturan Copy/Paste"
Klik di sini untuk membaca DMCA

WEBSITE DALAM PERBAIKAN, JIKA OM DAN TANTE MENEMUKAN GAMBAR YANG HILANG DARI SUATU ARTIKEL, MOHON TINGGALKAN KOMENTAR PEMBERITAHUAN PADA ARTIKEL TERSEBUT. TERIMAKASIH!


Komentar Facebook Dimatikan. Gunakan Komentar Blogger untuk meninggalkan jejak.

0 Response to "Arti Rahasia dari Ngeongan Kucing - Cat Lover Wajib Mengetahui!"

Posting Komentar

Welcome Cat Lovers, Please make us better with your comment...