Berapa Usia Siap Kawin Kucing Jantan Dan Betina? Update

Share to :
Tweet Bagikan


Setelah membahas mengenai berbagai hal tentang kucing birahi, saatnya Cat Lover mengetahui kapan usia yang tepat bagi para kucing untuk siap dikawinkan. Beberapa hal dibawah ini akan menjadi alasan tepat untuk cat lover, agar tidak asal mengawinkan kucing sebelum mereka siap secara fisik. Sebab, ada banyak masalah yang harus dihadapi jika kucing hamil sebelum waktunya ataupun bertarung dengan pejantan yang lebih besar dan pengalaman.


Kucing Kawin Jantan dan Betina
Kucing Kawin


Kucing Jantan

Kucing Jantan akan siap melakukan perkawinan pada usia 6 bulan. Secara mental mereka sudah matang, secara fisik pun juga sudah matang. Namun ada baiknya untuk tidak buru-buru mengawinkan kucing jantan usia 6 bulan dengan alasan; tubuh mereka belum tentu siap melakukan persaingan hukum rimba dengan kucing jantan yang lebih tua dan kuat. terkecuali jika Cat Lover memelihara kucing betina di satu atap tanpa persaingan, hal tersebut mungkin masih boleh dilakukan.

Cat Lover boleh juga kok membiarkan si gagah mencari betina sendiri saat musim kawin, namun dengan syarat sebagai berikut :
1. Si Gagah punya tubuh cukup kuat dan kokoh, minimal siap melindungi diri dari pertarungan yang pasti akan dia alami.
2. Selalu kontrol kemana dia pergi, jika semalam saja lupa pulang, usahakan cepat mencarinya, sebab jika tidak, dia akan minggat atau pergi terlalu lama mengikuti si betina
3. Sediakan asupan makanan yang cukup setiap dia pulang, agar dia tergantung dengan rumah aslinya, sehingga dia tidak mencari lokasi makanan baru bersama si betina.
4. Jika jantan anda berhasil mendominasi, usahakan jangan pelit ngasih makan betina yang dia ajak pulang ke rumah, meskipun kejadian ini sangat langka, sebab biasanya kucing betinalah yang akan mengajak pejantan mereka pulang.

Kucing Betina

Berbeda dengan kucing jantan, meskipun kucing betina juga mungkin sekali untuk birahi pada usia 6 bulan, namun usahakan untuk tidak mengawinkan mereka di usia tersebut dengan alasan sebagai berikut :
1. Usia terlalu muda, memberikan resiko prematur pada bayi kucing.
2. Belum mencapai usia produktif yang matang untuk mengandung
3. Tubuh masih terlalu kecil, biasanya jika si betina kecil, akan tersiksa saat digigit dalam proses perkawinan

Nah, bagi Onty dan Ongkel dengan kucing betina, lebih baik biarkan kucing anda berusia 1 tahun terlebih dahulu. Usia tersebut sudah cukup matang dan pas dalam berbagai hal, baik dari segi fisik, reproduksi maupun mental.

Kucing yang sedang birahi, biasanya akan mengalami masa-masa berhasrat selama 10 hari hingga 2 minggu, namun dalam banyak kasus, bisa juga lho sampai 2 bulan. Tergantung situasi dan kondisinya saja. Mengapa demikian? Karena jika kucing birahi sudah menyalurkan hasrat lewat perkawinan, maka dorongan birahi tersebut akan hilang dengan sendirinya, jika belum, ya dia akan terus birahi dan menunjukan tanda-tanda ingin kawin.

Sebagai bahan referensi, cat lover bisa membaca tips untuk mengatasi kucing birahi tanpa kawin, ciri kucing betina sedang birahi dan ciri kucing jantan birahi. Semoga bermanfaat.
Salam Meong



Support Group : Dunia Kucing Indonesia on Facebook
"Kirim Kisah Meong"
Klik di sini untuk mengirimkan kisah kamu dan kucingmu.
"Support Facebook Page"
Klik di sini untuk mengirimkan kisahmu via Facebook Page atau Join ke Support Group kami.
"Aturan Copy/Paste"
Klik di sini untuk membaca DMCA

Komentar Facebook Dimatikan. Gunakan Komentar Blogger untuk meninggalkan jejak.

0 Response to "Berapa Usia Siap Kawin Kucing Jantan Dan Betina? Update"

Posting Komentar

Welcome Cat Lovers, Please make us better with your comment...