Cara Mengatasi Kucing Birahi Tanpa Kawin - Update

Share to :
Tweet Bagikan


Bila musim kawin tiba, kucing akan mengeluarkan berbagai tanda maupun isyarat yang menunjukan bahwa mereka sedang birahi. Beberapa Cat Lover memang menyukai hal tersebut, sebab kucing kesayangan mereka akan kawin dan menghasilkan kitten yang lucu dan menggemaskan. Namun ada masalah lain yang nampaknya membuat TuanMeong harus membahas dan menuliskan ini secara khusus.
Sebelum melanjutkan ulasan mengenai tema artikel ini, TuanMeong ingin memberikan social warning terlebih dahulu pada Cat Lover mengenai perlu atau tidaknya mengatasi kucing birahi tanpa kawin.

kucing kawin
Kucing Kawin
Pertama, jika Cat Lover merasa ingin membiakkan kucing yang saat ini anda pelihara, berarti artikel yang anda baca saat ini boleh dilewati.
Kedua, jika Cat Lover memiliki cukup dana, sementara yang dihadapi adalah kucing liar, Cat Lover bisa melakukan steril pada kucing tersebut sehingga bisa menekan angka perkawinan dan populasi kucing liar.
Terakhir, jangan pernah melakukan tindak kekerasan atau memberi obat-obatan tertentu pada kucing yang sedang birahi.

Apa tanda-tanda kucing birahi?
Entah mengapa, para kucing akan mengalami hasrat seksual dalam waktu yang hampir bersamaan di semua tempat, yaitu pada musim kawin. TuanMeong belum melakukan studi kasus atau penelitian mengenai waktu yang tepat untuk musim kawin para kucing, namun ada tanda maupun ciri khusus yang bisa cat lover perhatikan di lingkungan sehari-hari.

1. Tiap malam akan terdengar suara kucing berkelahi. Kucing jantan akan memperebutkan kekuasaan dan membuktikan kekuatan agar bisa memikat kucing betina.
2. Terjadi spraying dimana-mana. Hampir semua perabot dan benda rumah di kencingi oleh kucing jantan.
3. Jika kucing menunjukan tanda-tanda di atas, coba elus atau puk-puk-puk pada bagian punggung bawah si kucing. Tepatnya di atas ekor. Apabila kucing anda terlihat nungging atau mengangkat pantatnya, berarti dia sedang birahi. Tanda ketiga ini berlaku untuk semua jenis kelamin.
Kucing akan menungging dengan posisi kaki dan ekor seperti nampak pada gambar, posisi ini sering dilakukan dengan atau tanpa tepukan pada bagian pinggul

Cara Mengatasi Kucing Birahi?
Untuk mengatasi kucing birahi tanpa harus melakukan perkawinan, ada 3 cara, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Berikan makanan atau minuman yang hangat, misalnya ikan tongkol yang baru di kukus, namun sudah ruam-ruam kuku. Dipercaya cara ini mampu meredakan nafsu seksual pada kucing jantan.

2. Jauhkan kucing jantan dari kucing betina. Pada dasarnya, kucing tidak bisa mengetahui jenis kelamin kucing lain berdasarkan wajah, tidak seperi manusia yang bisa dibedakan jenis kelaminnya dari wajah atau postur tubuh. Kucing akan mengetahui kucing lain adalah lawan jenis saat mencium bau anus atau kelenjar yang ada di sekitar anus. Jika mereka berada dalam satu lingkungan, konflik merayu betina pasti akan berlanjut dengan pertarungan jika di situ ada pejantan lain. Maka jauhkan kucing jantan dan betina, bisa dengan karantina atau cukup menahannya agar selalu di dalam rumah.

3. Masih berhubungan dengan Spraying, bersihkan litter box atau tempat kucing membuang kotoran. Kucing akan mengencingi tempat kotoran itu secara rutin dengan harapan ada kucing lawan jenis yang mencium baunya, maka bersihkan wadah kotoran kucing sesering mungkin agar pasir kucing tersebut tidak memberikan memori / ingatan pada si birahi mengenai nafsu seksualitasnya. Jangan biarkan dia menyimpan aroma dirinya terlalu lama dalam wadah kotoran tersebut, karena hormonnya akan semakin naik.

Demikianlah cara dan tips singkat dari TuanMeong, semoga bermanfaat bagi cat lover yang sedang mengalami problematika kucing birahi.

Salam Sayang,
TuanMeong.



Support Group : Dunia Kucing Indonesia on Facebook
"Kirim Kisah Meong"
Klik di sini untuk mengirimkan kisah kamu dan kucingmu.
"Support Facebook Page"
Klik di sini untuk mengirimkan kisahmu via Facebook Page atau Join ke Support Group kami.
"Aturan Copy/Paste"
Klik di sini untuk membaca DMCA

Komentar Facebook Dimatikan. Gunakan Komentar Blogger untuk meninggalkan jejak.

3 Responses to "Cara Mengatasi Kucing Birahi Tanpa Kawin - Update"

  1. Hape rusak Kucing saya rakus kawin,1 pejantan 2 betina serumah, mungkin anaknya Juga bentar lagi di kawinin

    BalasHapus
  2. Artikel-artikelnya tentang kucing mantab sekali mas, semoga makin banyak juga yang sayang kucing dan blog ini bisa menjadi referensi wajib bagi para pecinta kucing di seluruh indonesia. Bagi saya. TuanMeong.com adalah blog pecinta kucing terbaik yang pernah saya baca. Terimakasih

    BalasHapus

Welcome Cat Lovers, Please make us better with your comment...