Cara Terbaik Mengatasi Demam Pada Kucing | Tips Aman dan Rekomendasi!

Share to :
Tweet Bagikan


Hai Tingkel, siapa yang meongnya mengalami demam? Jika iya, berikut ini merupakan tips mudah untuk menyembuhkan demam pada kucing yang bisa dipraktekan di rumah. Namun TuanMeong sarankan untuk segera membawa ke drh jika kasusnya sudah parah ya. Tips ini hanya berguna sebagai pencegahan awal atau pertolongan pertama jika sang meong terindikasi mengalami demam.

ilustrasi
Apa sih penyebab demam pada kucing?
1. Penyebab utama jelas karena virus ya tingkel. Meong kita terkena virus dan tubuhnya berusaha untuk melawan virus tersebut. Namun ada banyak jenis virus yang bisa menyebabkan demam, jadi tingkel harus hati-hati dan bertindak cepat, jika indikasi demamnya disertai tanda-tanda gangguan kesehatan lain seperti muntah, diare, nafsu makan menurun dan sejenisnya.
2. Seperti manusia, kucing juga bisa mengalami masuk angin. Penyebab masuk angin ini adalah akibat suhu yang terlalu dingin atau si kucing terlalu lama berada di lingkungan ekstrim. Biasanya demam karena masuk angin ini disertai diare.
3. Penyebab berikutnya adalah akibat salah makan. Yap, kemungkinan kucing tingkel secara tidak sengaja memakan sesuatu yang mengganggu pencernaan atau daya tahan tubuhnya.
4. Terakhir gejala umum penyebab demam pada kucing adalah alergi obat-obatan.
5. Peradangan. Biasanya radang merupakan penyebab demam untuk manusia, namun ternyata kucing juga bisa mengalami demam akibat peradangan.

Bagaimana pertolongan pertama saat meong mengalami demam?
Suhu rata-rata tubuh kucing adalah 37,7 sampai 39,1 derajat celsius. Jadi jika meongnya tingkel terasa lebih panas dari suhu tersebut, maka segera lakukan pertolongan pertama ini.

Tips 1
Turunkan suhu tubuh kucing dengan membawanya ke tempat yang sejuk atau dingin. Misalkan didekatkan dengan kipas angin atau dibasuh dengan air secukupnya. Penguapan air yang terjadi akan menurunkan suhu kucing. Namun ingat, cara ini jangan dilakukan jika penyebab kucing demam adalah masuk angin.

Tips 2
Biarkan kucing meminum air putih bersih sebanyak mungkin, biasanya kucing yang mengalami demam akan banyak minum. Usahakan air yang sudah dimasak ya tingkel. Cara ini adalah cara paling efektif dalam meredakan demam pada kucing karena air merupakan penurun suhu sekaligus pelarut racun.

Tips 3
Berikan suplemen vitamin selain obat-obatan. Vitamin B mampu meningkatkan nafsu makan kucing dan memberikan nutrisi yang tidak didapatkan pada makanan kucing. Jika kucing sudah mulai lahap makan, maka daya tahan tubuhnya akan naik dan sakit demamnya berangsur-angsur sembuh.

Tips 4
Jika kucing demam akibat masuk angin, cukup berikan banyak minum dan usahakan mendekatkanya di tempat yang hangat seperti tungku penghangat atau lampu. Lho? Kok demam malah dihangatkan? Iya tingkel, demam masuk angin ini pada dasarnya berawal dari kucing yang kedinginan, karena darah kucing adalah darah panas, maka suhu kucing akan meningkat akibat resisten terhadap dingin. Untuk itu ketahui dulu penyebab demam dengan pasti agar tingkel bisa memutuskan apakah demam si kucing karena masuk angin atau bukan.

Tips 5
Jika cara sebelumnya tidak dapat menurunkan demam pada kucing dalam waktu 24 jam usai perawatan pertama. Maka usahakan segera mendapatkan perawatan medis dari ahli penyakit hewan. TuanMeong tidak akan memberikan sugesti obat macam-macam karena tidak semua obat cocok dengan kasus demam dari kucing kesayangan tingkel.

Contoh :
Jika kucing mengalami demam akibat terserang virus, biasanya akan mereda saat diberikan antibiotik dalam kadar dosis tertentu. Namun jika penyebab demam tersebut bukanlah virus, melainkan alergi obat-obatan, maka hendaknya tidak diberikan antibiotik karena hal tersebut justru akan menyebabkan tubuh kucing menjadi resisten terhadap antibiotik.

Jadi tips yang TuanMeong tuliskan ini merupakan pertolongan pertama saja, jika demam dari si meong tidak kurun menurun dalam waktu 24 jam, usahakan segera bertindak yang benar agar tidak memperparah keadaan ya tingkel.

Kasihan kucingnya.
Tingkel pasti tidak mau kehilangan tingkah lucu dan bulu-bulu menggemaskan yang selalu bisa membuat tingkel terhibur. Semoga bermanfaat ya tingkel.

TuanMeong



Support Group : Dunia Kucing Indonesia on Facebook
"Kirim Kisah Meong"
Klik di sini untuk mengirimkan kisah kamu dan kucingmu.
"Support Facebook Page"
Klik di sini untuk mengirimkan kisahmu via Facebook Page atau Join ke Support Group kami.
"Aturan Copy/Paste"
Klik di sini untuk membaca DMCA

WEBSITE DALAM PERBAIKAN, JIKA OM DAN TANTE MENEMUKAN GAMBAR YANG HILANG DARI SUATU ARTIKEL, MOHON TINGGALKAN KOMENTAR PEMBERITAHUAN PADA ARTIKEL TERSEBUT. TERIMAKASIH!


Komentar Facebook Dimatikan. Gunakan Komentar Blogger untuk meninggalkan jejak.

1 Response to "Cara Terbaik Mengatasi Demam Pada Kucing | Tips Aman dan Rekomendasi!"

  1. Kucing mengalami demam tidak terlalu panas tp disertai kejang apakah ada herbal untuk kucing demam
    Krn petshop disini jauh diluar kota

    BalasHapus

Welcome Cat Lovers, Please make us better with your comment...