Keistimewaan "Mueeza", Kucing Kesayangan Rasulullah S.A.W.

Share to :
Tweet Bagikan


Selamat Siang para Pecinta Kucing Indonesia. Pernahkah anda mendengar tentang Mueeza, kucing Nabi? Nampaknya TuanMeong tertarik untuk menulis mengenai kucing istimewa yang satu ini. Menurut beberapa riwayat sempat terkisah bagaimana kucing ini mengalami hal-hal mengagumkan--dimana manusia pun bisa iri dengan yang ia alami.

Keistimewaan Mueeza
Tuan dan Nyonya Meong
Nabi Muhammad berpesan kepada para sahabat untuk selalu menyayangi kucing mereka seperti bagian dari anggota keluarga. HIngga kini, kucing adalah binatang peliharaan yang sangat populer dan bisa ditemui di seluruh dunia. Mulai dari tempat mewah sampai tempat sampah. Ironis memang, namun itulah kenyataanya. Dari sanalah akhirnya muncul para penyelamat kucing yang secara berkala melakukan street feeding sebagai wujud cinta kepada kucing jalanan.

Mueeza yang istimewa.
Kucing kesayangan nabi ini diceritakan selalu mengeong saat mendengar suara adzan, seolah-olah dia sedang mengikuti lantunan dari suara adzan tersebut. Luar biasa bukan?

Dalam satu kisah lain, Nabi SAW hendak mengambil jubahny. Namun beliau melihat si Mueeza sedang tertidur di jubah itu. Karena tak ingin mengganggu si kucing, Nabi SAW pun memotong belahan lengan jubah yang ditiduri Mueeza. Sepulangnya nabi ke rumah, Mueeza nampaknya sudah terbangun. Sang kucing kemudian menyambut Nabi dengan menunduk sujud, kemudian oleh nabi dibalas dengan belaian kasih sayang sebanyak 3 kali.

Mueeza tak jarang digendong Nabi dan sering dipangku oleh Nabi SAW setiap menerima tamu di rumahnya.

Adapun hukuman untuk mereka yang menyakiti atau memperlakukan kucing dengan kejam adalah sangat berat. Dalam sebuah hadist shahih Al Bukhori, terdapat sebuah kisah tentang seorang wanita yang tidak pernah memberi makan kucingnya, si wanita ini pun juga tidak membiarkan kucingnya lepas untuk mencari makanan sendiri, kemudian Nabi SAW mengatakan; hukuman bagi wanita tersebut adalah Neraka.

Banyak pula sahabat Nabi yang mencintai kucing, salah satunya adalah Abu Hurairah ( bapak para kucing jantan ), karena kegemarannya dalam merawat dan memelihara berbagai kucing jantan dirumahnya.

Hukuman Membunuh Kucing.

Nabi Muhammad SAW sangat membela kucing. Dalam Sebuah Hadist riwayat Abdullah bin Umar ra., bahwa Rasulullah SAW, bersabda:

“Seorang wanita disiksa karena mengurung seekor kucing sampai mati. Kemudian wanita itu masuk neraka karenanya, yaitu karena ketika mengurungnya ia tidak memberinya makan dan tidak pula memberinya minum sebagaimana ia tidak juga melepasnya mencari makan dari serangga-serangga tanah.” (Shahih Muslim No.4160).

Kemudian dalam Syariat Islam, seorang muslim dianjurkan untuk tidak menyakiti atau membunuh kucing, berdasarkan hadist yang diriwayatkan oleh beberapa perawi hadist seperti Imam Muslim, dari kisah Abdullah Bin Umar dan Abu Hurairah.



Support Group : Dunia Kucing Indonesia on Facebook
"Kirim Kisah Meong"
Klik di sini untuk mengirimkan kisah kamu dan kucingmu.
"Support Facebook Page"
Klik di sini untuk mengirimkan kisahmu via Facebook Page atau Join ke Support Group kami.
"Aturan Copy/Paste"
Klik di sini untuk membaca DMCA

Komentar Facebook Dimatikan. Gunakan Komentar Blogger untuk meninggalkan jejak.

0 Response to "Keistimewaan "Mueeza", Kucing Kesayangan Rasulullah S.A.W."

Posting Komentar

Welcome Cat Lovers, Please make us better with your comment...