Kucing Muntah Busa dan Cara Mengobati

Share to :
Tweet Bagikan


Pernahkah kucing Catlover semuanya mengalami muntah busa? Jika iya, ketahui penyebab serta cara menanganinya agar kucing tingkel kembali sehat seperti sedia kala. Perlu diketahui, penyebab kucing muntah busa ini ada bermacam-macam dan setiap sebab memiliki cara tersendiri untuk mengatasi, jadi jangan sampai keliru penanganan agar tidak semakin memperparah keadaan kucing ya tingkel.

cara mengatasi kucing muntah
Kucing Muntah
Biasanya, si kucing saat akan muntah akan menunjukan tanda-tanda seperti batuk yang tajam dan dalam. Batuk tersebut diakibatkan oleh desakan lambung karena cairan lambung sudah mencapai kerongkongan. Berikut merupakan faktor-faktor penyebab terjadinya kontraksi batuk diikuti muntah tersebut beserta cara menanganinya.

Disebabkan karena adanya "Penyakit".
Penyakit ini beraneka ragam, mulai dari cedera fisik, sampai pada gangguan bakteri atau virus. Bisa juga akibat jamur yang telah tumbuh pada dryfood nya.

1. Virus yang menyebabkan kucing muntah disertai diare kekuningan disebut panleukopenia. Virus ini cukup mematikan, jadi jika kucing terserang atau menunjukan indikasi terserang, segera bawa ke dokter hewan.
2. Adanya radang usus. Ciri dari kucing yang terserang radang usus adalah muntahan busa berlendir dengan warna bening.
3. Jika muntahnya berwarna hijau atau kekuningan, berarti dia mengalami muntah empedu, kemungkinan kucing mengalami inflamasi usus atau pankreatitis.
4. Masalah lambung jika muntahnya berupa darah.
5. Jika muntah berupa darah kecoklatan,berarti sudah terjadi masalah usus yang agak parah atau cukup parah.
6. Obstruksi di kerongkongan yang ditandai dengan tonsil membengkak.
7. Jika muntah kuning dan berbusa, berarti masalah penyakit hati.
8. Infeksi cacing jika dia memuntahkan cacing dari perut.

Akibat terlalu kenyang.
Kucing biasanya akan memuntahkan kembali makanan saat terlalu kenyang. Namun hal tersebut juga bisa disebabkan karena flu. Berikan obat flu yang sesuai dengan saran atau petunjuk dokter hewan.

Karena Sedang Hamil.
Kucing memiliki ciri khas sama yaitu mual dan muntah jika sedang mengalami kehamilan. Muntah ini biasanya dialami setelah dia makan.

Karena Salah Makan.
Salah makan memang sering menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Bisa makanan kering yang tidak cocok untuk pencernaan kucing, jamur yang tumbuh di makanan kering, memakan serangga seperti kupu-kupu atau kecoak, bahkan memakan daging yang sudah diberi bumbu gulai. Berikan minum sebanyak mungkin jika kucing anda mengalami muntah akibat salah makan.

Keracunan Zat Kimia.
Hati-hati, pestisida serangga seperti obat nyamuk semprot dan pewangi ruangan spray bisa berbahaya untuk kucing. Mungkin Catlover lupa saat menyemprotkan bahan-bahan tersebut ke ruangan rumah, secara tidak sengaja masuk ke dalam minuman atau wadah makan kucing. Contoh keracunan zat kimia berikutnya adalah kucing menjilati obat pel yang sudah dicampur air dan tergenang di lantai. Air kelapa muda dan juga madu merupakan pertolongan pertama yang wajib diberikan. Setelah itu bawa kucing ke dokter hewan terdekat untuk mendapat perawatan yang lebih profesional.

Bulu Kucing.
Hairball atau bola bulu adalah salah satu penyebab muntah. Berikan tanaman anting-anting untuk menguras isi perut kucing dari hairball. Sementara hairball itu sendiri terbentuk karena kucing menjilati bulunya, sehingga ada bulu yang ikut tertelan. Bulu-bulu ini tidak bisa dicerna dan akan tertumpuk di lambung sehingga bila mencapai jumlah tertentu akan dimuntahkan oleh kucing.

Pertolongan Pertama pada Kejadian Kucing Muntah.
Sebelum memberikan pertolongan, tingkel wajib mengetahui penyebab kenapa kucing anda muntah. Sehingga tingkel tidak salah dalam bertindak.
1. Bersihkan bekas muntahan kucing agar tidak dijilati kucing lain atau dijilat kembali oleh kucing yang muntah.
2. Semprot bekas muntahan kucing dengan detol atau cairan disinfektan sehingga bakteri atau virus yang ada di dalam muntahan tersebut tidak menjangkiti kucing lain, atau menyerang kucing yang sama setelah dia sembuh.
3. Berikan air minum yang bersih dan baru. Jangan lupa perhatikan wadah minum kucing, pastikan sudah bersih dan bebas dari ganggang.
4. Jika memungkinkan, segera bawa ke dokter hewan demi penanganan intensif sesuai dengan gejala dan kasus yang ada.

Semoga kucing kesayangan cat lover selalu sehat dan terbebas dari masalah kesehatan.

Salam Meong



Support Group : Dunia Kucing Indonesia on Facebook
"Kirim Kisah Meong"
Klik di sini untuk mengirimkan kisah kamu dan kucingmu.
"Support Facebook Page"
Klik di sini untuk mengirimkan kisahmu via Facebook Page atau Join ke Support Group kami.
"Aturan Copy/Paste"
Klik di sini untuk membaca DMCA

Komentar Facebook Dimatikan. Gunakan Komentar Blogger untuk meninggalkan jejak.

2 Responses to "Kucing Muntah Busa dan Cara Mengobati"

  1. Terimakasih kk sangat bermanfaat., kucingku juga lagi muntah".. gk tau knapa :(

    BalasHapus
  2. Artikel-artikelnya tentang kucing mantab sekali mas, semoga makin banyak juga yang sayang kucing dan blog ini bisa menjadi referensi wajib bagi para pecinta kucing di seluruh indonesia. Bagi saya. TuanMeong.com adalah blog pecinta kucing terbaik yang pernah saya baca. Terimakasih

    BalasHapus

Welcome Cat Lovers, Please make us better with your comment...