Kucingmu Menghilang? Mungkin Inilah Penyebabnya!

Share to :
Tweet Bagikan


Bagi para pecinta kucing yang minimal sudah 5 tahun memelihara kucing pasti akan mengalami saat dimana kucingnya pergi dari rumah, namun tak kunjung pulang alias minggat. Tahukah Cat Lover, kucing minggat dari rumah memiliki beberapa penyebab dan bisa diteliti berdasarkan kasus yang Cat Lover alami, sehingga untuk membedakan atau mengetahui apa alasan si kucing minggat, perhatikanlah gejala-gekala alam yang muncul sebelum dan sesudah si kucing pergi dari rumah.


kucing pergi menghilang
Miko yang ndak pulang

Induk Kucing Tidak Pulang Bersama Anak-anaknya

Kasus seperti ini sangat umum terjadi. Induk kucing hanya berusaha untuk memberikan suplai makanan terbaik serta jaminan kehidupan yang layak pada anak-anaknya. Jika suatu hari anda mengalami kehilangan sang induk dan para kitten yang ia asuh, bisa dipastikan dia sedang pergi untuk mencari lokasi dimana terdapat banyak makanan.

induk kucing minggat
Lucy dan Anak-anaknya

Di foto ini adalah Lucy bersama anak-anaknya, dulu saat mereka semua masih hidup, Lucy pernah meninggalkan rumah selama 3 hari, anaknya pun ikut hilang, dia ditemukan sekitar 200 meter dari rumah owner, tepatnya di warung penjual bebek goreng. Begitulah para induk, selalu berusaha agar anak yang mereka sayangi kenyang.

Induk Kucing Tidak Pulang, Anaknya ditinggal

Kasus kedua adalah perginya sang induk kucing namun tidak membawa anak-anaknya. Bisa jadi jawaban dari masalah seperti ini adalah, Sang Induk mencari tempat tinggal baru karena dia ingin suplai makanan yang ada di rumah sang owner dikhususkan bagi sang anak. Dia tidak ingin mengurangi jatah makan para kucing kecil itu, sehingga dia sendiri yang berusaha mengalah dan pergi mencari sumber makanan yang baru.

Kucing Jantan hilang selama berhari-hari. Namun Terkadang masih pulang meski hanya seminggu sekali


kucing jantan minggat
Gendut Yang Minggat Karena Betina

Kasus berikutnya adalah hilangnya kucing jantan, namun sesekali dia masih nongol di rumah kita. Masalah ini punya satu sebab pasti. Satu-satunya sebab yang paling banyak dan paling umum ditemui dimana saja, yaitu dia jatuh cinta dengan kucing betina di tempat lain sehingga dia memutuskan untuk tinggal sementara / selamanya di habitat si kucing betina. Ndak jauh beda dengan ayam atau manusia yang akan mengikuti babon kemanapun si babon pergi hehe.

Kucing hilang berhari-hari atau berbulan-bulan ( Jantan / Betina ) Kasus 1

Jika kucing anda menghilang bahkan sampai hitungan bulan, tanpa membedakan jenis kelamin, bisa jadi dia dibuang oleh orang iseng atau tetangga anda yang tidak suka kucing. Seringkali kucing kita tidak pulang, namun pada saat tertentu kita menemukannya di pasar atau tempat-tempat umum. Sayangnya, kebanyakan Cat Lover menemukan kembali sang kucing setelah kucing tersebut hilang dalam waktu lama, sehingga si kucing menjadi liar dan tidak bisa mengenali majikannya lagi.

Kucing Hilang Berhari-hari atau berbulan-bulan ( Jantan / Betina ) Kasus 2

Nah, untuk kasus yang kedua ini, bisa dimungkinkan kucing Cat Lover sedang sekarat. Dia minggat dari rumah untuk mencari peristirahatan terakhir yang nyaman. Dia ingin memastikan kematiannya tidak membuat majikan sedih dan merepotkan siapapun. Sebab biasanya kita harus meluangkan waktu untuk mengubur si kucing bila dia mati. Ndak logis ya? Sayang sekali meskipun kurang logis, namun hal tersebut sangat mungkin terjadi, sebab kucing memang memiliki Indra keenam yang mana dia tau kapan akan mati.

Berikut ini merupakan tanda-tanda jika kucing anda menghilang karena sedang sekarat

1. Kucing Mengalami perubahan kepribadian sebelum menghilang. Misalkan dari aktif menjadi pendiam, dari jinak menjadi galak dan sering terlihat lemas.
2. Nafsu makan menurun. Bahkan bila si kucing diberikan makanan yang paling dia sukai, dia akan menolak makan, lalu beberapa waktu kemudian dia tidak kunjung pulang.
3. Suka bersembunyi. Biasanya kucing yang sekarat suka sekali bersembunyi di tempat yang gelap dan teduh. Maskipun kebiasaan ini tidak menjadi patokan pasti, karena sufat kucing memang suka masuk ke area-area tertutup untuk tidur. Namun jika setelah suka bersembunyi itu dia tidak pulang, bisa jadi si kucing memang telah tiada. Kenapa dia suka bersembunyi saat sekarat? Karena kondisi tersebut adalah kondisi paling rentan pada kucing dan dia tidak ingin mengalami gangguan dari makhluk lain yang jahat. 
4. Berubahnya penampilan. Kucing akan terlihat lesu dan kusut, tidak lagi bersinar seperti layaknya kucing sehat. Sebab dia tidak punya cukup energi untuk membersihkan dirinya. 
5. Suka terengah-engah. Mayoritas kucing yang sudah di ambang kematian akan mengalami nafas berat.
6. Kejang / Kaku. Kucing yang sudah sekarat akan melengkungkan tubuhnya saat berjalan dan itu disebabkan karena isi perutnya sudah mengkerut atau dalam bahasa lain kram. 

Nah, semoga kucing-kucing kita tetap setia di rumah dan meskipun suatu hari nanti dia dipanggil Tuhan, biarlah dia mengakhiri hidupnya di pelukan kita. Bukan dengan cara menghilang sehingga jasad-nya tidak terawat. Sedih.

Oh ya, lantas bagaimana kabar Miko, kucingnya ongkel Devi Dekocraft 
Inilah jawabannya, jadi analisa TuanMeong benar :)
Miko ditemukan di komplek sebelah
Buat om Devi, semoga Miko mau pulang ya, saran terbaik adalah dengan menjebaknya agar bisa ditangkap, lalu jinakkan kembali dengan cara di kurung dalam kandang minimal 2 minggu, atau menurut kebutuhan. Selama berada di dalam kurungan, usahakan miko tidur dengan alas baju atau kain handuk yang penuh dengan bau keringat anda, dijamin Miko kembali menjadi kucing rumahan.
 
TuanMeong



Support Group : Dunia Kucing Indonesia on Facebook
"Kirim Kisah Meong"
Klik di sini untuk mengirimkan kisah kamu dan kucingmu.
"Support Facebook Page"
Klik di sini untuk mengirimkan kisahmu via Facebook Page atau Join ke Support Group kami.
"Aturan Copy/Paste"
Klik di sini untuk membaca DMCA

WEBSITE DALAM PERBAIKAN, JIKA OM DAN TANTE MENEMUKAN GAMBAR YANG HILANG DARI SUATU ARTIKEL, MOHON TINGGALKAN KOMENTAR PEMBERITAHUAN PADA ARTIKEL TERSEBUT. TERIMAKASIH!


Komentar Facebook Dimatikan. Gunakan Komentar Blogger untuk meninggalkan jejak.

7 Responses to "Kucingmu Menghilang? Mungkin Inilah Penyebabnya!"

  1. Kucing sy hilang selama 3 bulan dan pulang.berapa jauh dia pergi?

    BalasHapus
  2. Artikel-artikelnya tentang kucing mantab sekali mas, semoga makin banyak juga yang sayang kucing dan blog ini bisa menjadi referensi wajib bagi para pecinta kucing di seluruh indonesia. Bagi saya. TuanMeong.com adalah blog pecinta kucing terbaik yang pernah saya baca. Terimakasih

    BalasHapus
  3. Asalmkm ...saya kehilangan kucing saya dia merupakan keturunan anggora.... anehnya hilang di siang hari ..... di waktu siap jumat saya berniat memberinya makan lagi ....saya yakin wizkas adalah makanan kesukaan semua kucing hampir setiap dia makan saya selalu memberinya wizkas dengan alsan supaya dia gak pergi ...

    Lalu ketika saya pergi selang beberapa waktu dan saya pulang ...kucing saya hilang .....
    Saya selama 3 hari ini mencari nya bahkan larut malam hingga sahur namun saya tak menemukannya .... ada gak yang bisa membantu saya memberikan saran untuk menemukan kucing saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama kejadian saya.. dia juga keturunan angora.. cuma rambutnya hitam semua... waktu kecil ada tanda di lehernya sebuah karet kunciran longgar berwarna hitam violet... dia pergi meninggalkan saya hanya di tinggal dalam 2 jam.. biasanya kalau di panggil suka dateng tp pas hilang gak pernah ada.. dan itu hilangnya 5 bulan yg lalu aku sampe stress dan sesih cari2 dia selama 5 bulan

      Hapus
  4. Aku juga punya kucing udah hilang 5 bulan tp ketemu lagi... cuma dia udah gak kenal aku lagi... aku berharap... cukup dengan mengenaliku.. tanpa harus balik ke rumah... aku gk app... selama 5 bulan aku tersiksa gak ada henti2 nya mencari...afiz semoga tuhan membuat mu kembali pada mommy yeaaa...

    BalasHapus
  5. Saya kehilangan kucing saya 4 hari yang lalu.biasanya kucing saya tau jalan plg tetapi x ini gtw alasannya kenapa .saya khawatir dia diambil org atau apapun itu

    BalasHapus

Welcome Cat Lovers, Please make us better with your comment...