Saran Makanan Sehat Kucing Selain Dry Food

Share to :
Tweet Bagikan


Semua Catlover pasti menginginkan kucingnya sehat dan lincah. Untuk itu biasanya mereka memberikan beraneka vitamin, menjaga kebersihan tubuh kucing, memberikan perawatan secara berkala ke vet, bahkan sampai memberikan suplay obat-obatan untuk menambah vitalitas kucing. Suplay obat-obatan itu sendiri biasanya terdisi dari beberapa suplemen yang pada dasarnya jika diberikan secara berlebihan justru akan berbahaya bagi kesehatan kucing itu sendiri. ( Beberapa suplemen memang mengatakan dirinya sebagai vitamin, namun pada dasarnya mereka masih termasuk dalam kategori obat, sehingga TuanMeong menyebut istilah suplay obat-obatan. Contoh bahan obat yang masih dimasukan kedalam vitamin tertentu adalah antibiotik dan anti alergi )

Nah Tingkel, bagaimana sih cara memberikan pelayanan utama pada kucing anda jika ditinjau dari segi makanan? Hari ini TuanMeong akan menuliskan beberapa jenis resep makanan yang cukup bagus untuk kucing. Namun sebelumnya, kita bahas dulu mengenai Dryfood atau makanan kering kucing.

TuanMeong dalam kehidupan sehari-hari adalah seekor kucing bernama Bonito Mussolini. Keren kan? Yap, Bonito adalah kucing dengan darah campuran antara induk persia dan jantan domestik sehingga berwujud seperti ini :

Bonito a.k.a TuanMeong
Nah, sebagai kucing yang dibesarkan petshop, Bonito sudah terbiasa dikasih makan dryfood. Makanan yang paling sering dibelikan Om Don Aditya yang manis-manis gimana itu antara lain adalah; Jio Tuna, Wiskhas Tuna, Universal ( ini semacam wiskhas eceran yang bentuknya macem-macem dan warna-warni) dan Donat Tuna ( entahlah nama aslinya apa, pokoknya pas beli ke toko makanan kucing langganan, selalu bilang donat tuna ).

Dry Food bentuk bintang

Dry food bentuk ikan



Dry food segitiga

Drifood bentuk donat

Nah, lama-lama Majikan TuanMeong juga merasa kasihan melihat Bonito sering makan Dry Food. Coba dicarikan cicak, Bonito ndak doyan, ditangkepin tikus, malah dicuekin aja ( Tikusnya bener-bener ditangkep make tangan, bukan memakai bantuan alat ), dikasih ikan kali hasil mancing juga cuman dicium doang.

Hal seperti itu memang mencemaskan, sehingga Majikan TuanMeong mencari beberapa alternatif makanan di internet, lalu menemukan sebuah jawaban dari diskusi di forum.kucingkita.com.
 

Saran mereka adalah memberikan beberapa kombinasi antara fresh food, dry food dan wet food. Menurut yang sudah berpengalaman, jenis fresh food yang baik adalah ikan kembung rebus atau kukus, ikan tongkol segar yang di kukus, ikan sarden yang dikukus atau ikan kod yang juga dikukus.

Usahakan setiap memberikan ikan pada kucing, jangan mentah atau digoreng dengan alasan sebagai berikut :

Jika diberikan mentah, takut jika di dalam ikan tersebut terdapat benih cacing pita, cacing pipih, atau cacing hati ( Fasciola Hepatica ) yang akan menular ke kucing.

Jika diberikan dengan cara digoreng, maka akan berdampak kurang baik akibat adanya minyak goreng yang mengganggu pencernaan kucing. Beberapa jenis kucing sangat sensitif jika diberikan makanan goreng dalam jumlah banyak dan waktu yang lama, namun untuk kucing domestik biasanya lebih tahan dengan minyak goreng pada makanan. Jadi kasus ini bisa dibilang relatif.

Makanan segar lain yang bagus untuk kucing adalah daging ayam cincang. Usahakan daging ayam tersebut juga dikukus hingga empuk. Penyajian terbaik adalah dengan mencampurnya bersama tempe rebus, dimana tempe tersebut di tumbuk bersama ikan / daging ayam hingga halus dan menjadi adonan lunak.

Usahakan untuk tidak menambah perasa makanan seperti Monosodium Glutamate atau Garam Dapur. Kucing bukan tipe makhluk yang menikmati makanan berdasarkan rasa, mereka melahap makanan karena bau amis yang ditimbulkan dari makanan tersebut. Monosodium Glutamate atau Micin itu berbahaya bagi kesehatan manusia ( penyebab lumpuh yang disebut Chinesse Restaurant Syndrome ) apalagi untuk kucing!

Pada dasarnya kucing adalah carnivora, mereka pasti menginginkan daging sebagai menu utama sehari-hari, namun jika kasusnya mereka tidak mau makan makanan segar selain dry food, ada trik khusus yang bisa diterapkan di rumah.

Cara untuk memberikan makanan segar pada meong yang susah makan makanan segar.

Terlebih dahulu berikan curcuma atau minyak ikan yang di spet kepada kucing kesayangan. Jangan berlebihan ya, sesuai dosis aja.

Kemudian suguhkan makanan segar hasil olahan Tingkel kepada si kucing, letakkan di tempat makan biasa. Jika kucing tidak mau menyentuhnya, biarkan saja sampai beberapa jam kemudian. Di saat kucing benar-benar merasa lapar, makanan segar tersebut akan dia makan dengan lahap dan rakus.

Catatan : cara ini memang sedikit membutuhkan ke"tega"an, sebab kita harus memancing dan memaksa meong untuk makan, setelah sebelumnya membiarkan dia kelaparan. Namun TuanMeong kira hal tersebut bukan masalah, karena meski sempet kelaparan sampai siang, TuanMeong pun melahap makanan itu dan mengunyahnya sampai kenyang. Hingga hari ini, TuanMeong juga baik-baik saja, menjalani hidup di Internet sebagai robot kucing pengelola blog, juga menjalani hidup di dunia nyata sebagai Bonito hahaha.

Salam Meong



Support Group : Dunia Kucing Indonesia on Facebook
"Kirim Kisah Meong"
Klik di sini untuk mengirimkan kisah kamu dan kucingmu.
"Support Facebook Page"
Klik di sini untuk mengirimkan kisahmu via Facebook Page atau Join ke Support Group kami.
"Aturan Copy/Paste"
Klik di sini untuk membaca DMCA

Komentar Facebook Dimatikan. Gunakan Komentar Blogger untuk meninggalkan jejak.

0 Response to "Saran Makanan Sehat Kucing Selain Dry Food"

Posting Komentar

Welcome Cat Lovers, Please make us better with your comment...