Tips-Tips Mengadopsi dan Merawat Kucing Untuk Pemula.

Share to :
Tweet Bagikan


Pada artikel kali ini kita akan membahas masalah tips dan kiat memelihara kucing khusus untuk pemula. Dikatakan pemula maksudnya adalah, mereka yang baru merasakan kasih sayang pada kucing atau memutuskan untuk memelihara kucing, setelah sebelumnya dia tidak pernah memelihara kucing.
Perlu ditegaskan terlebih dahulu bagi anda yang berniat memelihara kucing; Jangan mendiskriminasi apakah kucing Ras atau Kucing Domestik yang lebih pantas untuk dipelihara, semua Kucing itu Istimewa, semua Kucing pantas dipelihara serta mendapatkan kasih sayang.

Kucikng Kecil
Sebagai Cat Lover baru, TuanMeong memahami ketakutan sebagian orang mengenai berbagai penyakit pada kucing, namun jika Cat lover semua memang berniat memberikan kasih sayang pada kucing, merawatnya dengan benar, memberikan perhatian lebih, maka dijamin anda akan terhindar dari gangguan kesehatan apapun selama memelihara kucing.

Berikut ini adalah Tips dan Kiat dalam pemeliharaan kucing untuk pemula.

1. Pastikan anda sanggup memberikan makanan bagi para kucing yang anda pelihara.

Kucing adalah seekor Carnivora, artinya dia akan memakan sesuatu yang berhubungan dengan daging dan protein berlemak. Usahakan budget anda mencukupi untuk dapat memberikan kebutuhan pangan bagi sang kucing.

Anda bisa membaca artikel berikut ini mengenai saran makanan sehat kucing, atau jika budget anda terbatas, minimal berikanlah makanan secara rutin dan teratur untuk kucing anda. Cicak dan tikus hasil tangkapan sendiri pun boleh diberikan, karena hewan-hewan tersebut adalah makanan alami kucing yang bisa memberikan nutrisi cukup.

2. Pastikan rumah anda memiliki cukup arena bermain untuk kucing.


Kucing merupakan binatang dengan naluri berburu. Naluri tersebut akan dilampiaskan dengan bermain. Maka dari itu, usahakan anda sanggup menyediakan arena bermain, meskipun hanya lantai rumah dan kardus-kardus bekas.


Biasanya mereka juga suka berkejar-kejaran hingga menabrak berbagai jenis perabotan rumah. Anda harus memiliki kesabaran lebih untuk menghadapi hal ini.

3. Pastikan lingkungan anda cukup bersih dan anda bisa memberikan fasilitas kebersihan untuk anda sendiri maupun si kucing.

Kucing Siap Adopt

Hal-hal yang menyangkut kebersihan kucing adalah;
- Pasir kucing, usahakan memberikan tempat buang air untuk kucing anda.
- Bahan kebersihan kucing misalnya shampoo atau sisir kucing.
- Siapkan disinfektan untuk menghindari bakteri, virus maupun jamur berkembang biak.
- Siapkan kotak atau kardus bekas untuk arena bermain maupun tempat tidur kucing, jangan lupa memperhatikan kebersihan alasnya.

4. Pastikan anda bisa memberikan jaminan kesehatan pada kucing atau minimal mampu menekan keberadaan bibit penyakit.

Jaminan kesehatan ini kurang lebih meliputi; Multivitamin saat kucing membutuhkan, kesediaan menghubungi dan membayar biaya perawatan jika kucing mengalami sakit atau cedera, tidak asal membuang kucing jika mengetahui kucing mengalami sakit  & pakan yang sehat berikut minum yang higienis.

Disamping itu, rumah anda harus memiliki cukup cahaya dan udara segar agar kucing tidak stress.

Perawatan Kucing Secara Umum.


1. Usahakan memandikan kucing seminggu atau dua minggu sekali.
2. Biarkan kucing bermain, luangkan waktu untuk bermain dengan mereka, atau setidaknya berikan teman untuk si kucing dengan memelihara lebih dari satu kucing.
3. Lakukan vaksin agar kucing terhindar dari scabies, distamper atau rabies.
4. Berikan bak pasir untuk mereka membuang kotoran.
5. Buatkan kucing mainan yang bisa mereka manfaatkan jika sedang sendiri.
6. Lindungi perabot rumah anda dengan lapisan khusus atau jauhkan perabot rumah yang rentan dari jangkauan kucing, sebab kucing suka mencakar-cakar untuk menandai daerah kekuasaanya.
7. Jangan terlalu sering memberikan sanksi fisik pada kucing karena itu bisa menyebabkan mereka depresi atau stress. Bahkan usahakan untuk tidak melakukan hal tersebut apapun alasannya.
8. Berikan makan dan minum secara teratur.

Nah, demikianlah tips dan kiat perawatan kucing, terkesan ribet memang, namun kita semua tau, kucing juga makhluk bernyawa yang memiliki hak hidup seperti anda, jika anda tidak sanggup untuk mematuhi hukum alam tersebut, berarti anda tidak siap memelihara kucing dan ada baiknya menunda dulu untuk memelihara kucing.

Semoga bermanfaat,
Salam Meong



Support Group : Dunia Kucing Indonesia on Facebook
"Kirim Kisah Meong"
Klik di sini untuk mengirimkan kisah kamu dan kucingmu.
"Support Facebook Page"
Klik di sini untuk mengirimkan kisahmu via Facebook Page atau Join ke Support Group kami.
"Aturan Copy/Paste"
Klik di sini untuk membaca DMCA

WEBSITE DALAM PERBAIKAN, JIKA OM DAN TANTE MENEMUKAN GAMBAR YANG HILANG DARI SUATU ARTIKEL, MOHON TINGGALKAN KOMENTAR PEMBERITAHUAN PADA ARTIKEL TERSEBUT. TERIMAKASIH!


Komentar Facebook Dimatikan. Gunakan Komentar Blogger untuk meninggalkan jejak.

12 Responses to "Tips-Tips Mengadopsi dan Merawat Kucing Untuk Pemula."

  1. ya ampun blogmu tuan Meoang, bikin saya gemessss

    BalasHapus
  2. Nice tips, Tuan Meong... penting banget buat aku yang pengen ngrawat kucing tapi maju mundur cantik :D

    BalasHapus
  3. Aaaaahh mampir ke sini alhamdulillah. Aku lg butuh rekomendasi tempat jual/kandang kucing tapi yg besar mas, bukan yg ukuran standar. Kucingku mulai sering ga tertib pup dan pipis sembarangan,huhuhu. Makasiih.

    BalasHapus
  4. Wah, kebetulan banget saya nggak suka kucing tapi bukan nggak suka sih tapi takut, takut digigit. Yang suka kucing malahan suami meskipun saya juga penasaran kepengen ngelus-ngelus bulunya itu, Mas.

    BalasHapus
  5. haloo mas aditt
    wah udah lama aku nggak piara kucing hehe

    BalasHapus
  6. Wah blog khusus bahas kucing keren bisa neh tuanmeong dibikin buku coba kirim2 ke berbagai penerbit

    BalasHapus
  7. Wah ini rekomendasi banget mas tips2nya, kebetulan baru meliara kucing di rumah..
    Makasih banyak nih mas tipsnya..

    BalasHapus
  8. Wahhhh ternyata plg ga harus ada timing dimandiin ya
    Kucingku nda pernah kumandiin huhu

    BalasHapus
  9. Tuan meong memang sangat baik dengan para meong ...
    mantab

    BalasHapus
  10. waktu msh remaja pernah melihara kucing, sekarang engga deh :D

    BalasHapus
  11. Artikel dan tips yang keren, Thanks yaa. Mau nambahin tips juga yaa hehe. Sebaiknya, kalau misal di rumah kucing akan di tinggal, lebih baik jangan dikandangkan, nanti stress. Dan kalau mau dibawa pergi jauh naik mobil, lebih baik dimasukkan di tas dan kandang hewan portable yang nyaman. Kucing aku pernah stress soalnya hehe...

    BalasHapus

Welcome Cat Lovers, Please make us better with your comment...