Update Siklus Birahi Pada Kucing Betina

Share to :
Tweet Bagikan


Memiliki peliharaan Kucing memang menyenangkan. Namun kita harus tau cara tepat memelihara kucing baik dari segi makanan, minuman, tempat hidup, maupun siklus hidup khususnya bagi kucing betina yang pada akhirnya akan memiliki anak-anak kucing. Nah Cat Lover, yuk kita bahas mengenai siklus birahi kucing betina. Seperti apa detailnya? Silahkan di simak ulasan TuanMeong di bawah ini.


Kucing Betina Birahi, Ciri Kucing Birahi
Cemplon Calico Betina


Siklus birahi pada kucing betina

A. Proestrus

Periode ini berlangsung selama 1 atau 2 hari, organ genital kucing akan terlihat membesar dan kucing betina menunjukan tanda-tanda birahi. Baca tanda-tanda kucing betina birahi di sini.
Ciri lain akan kami bahas secara lengkap adalah :
1. Kucing akan menjadi manja.
2. Sering mengeong.
3. Mengundang kucing jantan ke rumah.
4. Sering berguling-guling.
5. Sering menggesek-gesekan badan ke lantai atau benda apapun.
6. Kucing Betina masih belum mengijinkan kucing jantan mengawininya.

B. Estrus

Periode ini merupakan puncak dari birahi dimana si kucing sudah sangat siap dikawinkan, estrus akan berlangsung antara 3 hingga 8 hari, jika dalam waktu tersebut sudah terjadi pembuahan, maka estrus akan berhenti atau menghilang.

C. Interestrus

Adalah periode yang berlangsung antara 1 hingga 10 hari. Periode ini merupakan pengulangan dari estrus, yang disebabkan karena kucing betina belum dikawini atau belum terjadi pembuahan. Jadi, jika si betina tidak mengalami pembuahan selama masa-masa birahi, maka akan terjadi estrus 8 harian ditambah interestrus 10 harian. Total 18 hari dia akan terus menunjukan tanda-tanda ingin kawin.
kucing sedang birahi
Kucing akan menungging dengan posisi kaki dan ekor seperti nampak pada gambar, posisi ini sering dilakukan dengan atau tanpa tepukan pada bagian pinggul

D. Diestrus
Kucing Kawin Jantan dan Betina
Kucing Kawin

Pada masa ini, kucing sudah berhasil melakukan ritual perkawinan dan akan menolak ajakan kawin untuk kedua kalinya. Jika mereka sudah mengalami pembuahan, maka kucing akan hamil dalam waktu 65 hari atau 2 bulan lebih sedikit. Saat si betina hamil, cat lover harus merawatnya dengan hati-hati demi keselamatan anak kucing yang dia kandung.

Jika terjadi keguguran, maka proses birahi bisa datang kembali selama 5 sampai 7 minggu. Siklus kucing betina birahi pun akan dimulai dari awal.

Semoga info ini bermanfaat ya cat lover,
Salam Meong.



Support Group : Dunia Kucing Indonesia on Facebook
"Kirim Kisah Meong"
Klik di sini untuk mengirimkan kisah kamu dan kucingmu.
"Support Facebook Page"
Klik di sini untuk mengirimkan kisahmu via Facebook Page atau Join ke Support Group kami.
"Aturan Copy/Paste"
Klik di sini untuk membaca DMCA

Komentar Facebook Dimatikan. Gunakan Komentar Blogger untuk meninggalkan jejak.

0 Response to "Update Siklus Birahi Pada Kucing Betina"

Posting Komentar

Welcome Cat Lovers, Please make us better with your comment...