8 Cara Menjaga Bulu Kucing Agar Tetap Sehat

Share to :
Tweet Bagikan


Beberapa waktu yang lalu TuanMeong.com mengadakan sebuah diskusi di Group Facebook Dunia Kucing Indonesia, mengenai cara merawat dan mempertahankan ketebalan bulu kucing. Nah Cat Lover, dari diskusi mengenai cara permak bulu tersebut didapat kesimpulan yang mungkin saja berguna bagi anda semua para pecinta kucing. Berikut ini merupakan rangkuman tentang cara menjaga bulu kucing agar tetap sehat by TuanMeong.com dengan Cat Model si Gerry, owner mas Peyek Eby @Dunia Kucing Indonesia.

tips menjaga bulu kucing agar tidak rontok
Bulu Kucing Sehat

Cara Menjaga Bulu Kucing Agar Tetap Sehat.

1. Rajin Membersihkan bulu kucing dengan sisir kucing.

Cat Lover, seperti halnya wanita dengan rambut panjang, jenis kucing ras seperti persia, maincoon, anggora dan tipe-tipe bulu kapas lain, membutuhkan penyisiran rambut secara teratur dan rutin. Kenapa? Sebab bulu yang panjang tersebut mudah sekali kusut dan terdapat partikel-partikel kotoran yang nyangkut di sela-selanya. Untuk itulah anda harus telaten dalam menyisir bulu kucing, minimal sehari sekali. Gunakan sisir khusus kucing agar haslnya maksimal.
tips menjaga bulu kucing agar tidak rontok
Bulu Kucing Mengkilat

2. Memandikan kucing secara rutin 2 minggu sekali.

Mandikan kucing dan gunakan shampoo yang dikhususkan bagi kucing juga untuk menghindari rontoknya bulu dan memastikan bulu tersebut mendapat nutrisi yang dibutuhkan. Saran terbaik bagi yang sudah berpengalaman merawat bulu kucing adalah dengan shampoo dan condisioner. Anda bisa mendapatkan merk yang tepat untuk kucing anda di petshop. Jenis perawatan luar ini termasuk sangat penting dan ga boleh ditinggalkan ya.

3. Telur ayam kampung sebagai suplay protein.

Sudah dijelaskan dalam artikel TuanMeong yang ini, [ baca : Manfaat kuning telur untuk kucing ] bahwa kuning telur memiliki banyak nutrisi dan suplay protein yang sangat dibutuhkan bagi seekor kucing. Gunakan telur ayam kampung yang masih segar untuk hasil yang lebih maksimal ya Cat Lover.
tips menjaga bulu kucing agar tidak rontok
Bulu Kucing Lebat

4. Memberikan minyak ikan.

Sudah bukan rahasia lagi, Minyak Ikan adalah suplemen tambahan yang sangat cocok untuk perawatan bulu. Cat Lover bisa memberikan suplemen ini sesuai dengan dosis yang tepat, silahkan simak artikel kami yang di sini, [ baca : Manfaat Minyak Ikan Untuk Kucing ] untuk detil lebih jelas baik nutrisi, dosis, maupun efek samping jika terlalu berlebihan dalam memberikan minyak ikan.

5. Tambahan Vitamin E bila diperlukan.

Catatan, suplemen ini hanya boleh diberikan jika diperlukan saja, misal untuk memperbaiki kerontokan atau kebotakan pasca terserang jamur. Vitamin E baik untuk kulit maupun bulu, namun ada baiknya tidak diberikan secara over apabila kucing sudah dalam kondisi baik.

6. Keseimbangan nutrisi makanan.

Nutrisi yang dimakan oleh kucing kita juga salah satu faktor penting dalam proses perawatan bulu. Dryfood dengan banyak vitamin, mineral dan gizi sangat baik diberikan pada kucing, contoh : Felibyte, Jio, Wiskhas, Universal dan sebagainya. Namun tambahan wetfood juga sangat penting, salah satu andalan yang sering dijadikan alternatif wetfood untuk kucing adalah RC Recovery, namun biasanya RC Recovery diberikan hanya pada kucing yang lemah / kurang gizi, sebab kandungan nutrisi pada wetfood jenis ini sangat padat sehingga jika kucing makan ini secara berlebihan akan obesitas atau kegemukan.

7. Jemur kucing agar tidak stress.

Sinar Matahari adalah salah satu elemen alam yang baik untuk kesehatan kucing, jemur kucing anda di pagi hari minimal 15 menit atau setengah jam. Penjemuran ini sangat baik untuk menghindari stres pada kucing, menambah vitalitas, menjaga kulit dan bulu agar tidak terserang jamur, serta memberikan efek refreshing pada kucing yang selalu dimasukan ke dalam kandang. Jangan lupa selalu memberikan kegiatan berjemur agar kucing tetap sehat dan enerjik.

8. Rutin membersihkan dan merawat kandang/lingkungan kucing.

Kandang kucing untuk kucing yang dikandangkan, atau rumah tempat tinggal manusia jika kucing tidak dikandangkan, merupakan faktor lingkungan / habitat hidup yang harus selalu dijaga kebersihannya. Sebab, bakteri, jamur, cacing, virus dan kutu akan mudah sekali menyerang kucing jika kondisi kebersihan lingkungan tidak dijaga dengan baik. Untuk itu, agar kondisi bulu kucing tetap bersih dan mulus, usahakan lantai rumah kita atau kandang si meong tetap bersih dan terjaga dari berbagai jenis kotoran ya Cat Lover.

Demikianlah Cat Lover, tips dan cara merawat kucing kita agar bulunya selalu sehat, bebas jamur dan scabies, bebas bercak coklat dan bebas pula dari serangan parasit kutu kucing. Semoga tips ini bermanfaat ya, jangan lupa di share ke Facebook, Instagram, Whatsapp maupun Twitter.
Salam sayang,
TuanMeong.com



Support Group : Dunia Kucing Indonesia on Facebook
"Kirim Kisah Meong"
Klik di sini untuk mengirimkan kisah kamu dan kucingmu.
"Support Facebook Page"
Klik di sini untuk mengirimkan kisahmu via Facebook Page atau Join ke Support Group kami.
"Aturan Copy/Paste"
Klik di sini untuk membaca DMCA

Komentar Facebook Dimatikan. Gunakan Komentar Blogger untuk meninggalkan jejak.

0 Response to "8 Cara Menjaga Bulu Kucing Agar Tetap Sehat"

Posting Komentar

Welcome Cat Lovers, Please make us better with your comment...