GALERY FOTO KUCING CALICO : Kucing Belang Telon dan Fakta Ilmiah Tentangnya.

Share to :
Tweet Bagikan


TuanMeong.com - Hai Cat Lover, hari ini kita akan membahas tentang kucing Calico. Orang jawa atau penduduk lokal indonesia, menyebutnya kucing kembang telon atau biasa disebut kucing telon. Ada banyak sekali jenis motif kucing calico, mulai dari motif marble, motif belang, motif warna polos tiga jenis, motif mendekati tortie namun masih memiliki bercak putih di bagian perut dan sebagainya. Namun secara lugas, calico tetap istilah untuk semua kucing yang memiliki 3 jenis warna bulu. Artikel ini kami masukan ke dalam kategori "Galery", karena web TuanMeong.com telah mendapatkan koleksi foto dari group Facebook "Dunia Kucing Indonesia" yang secara sah telah diijinkan untuk dipublikasikan ke web TuanMeong.com

3 Color Cat Pic Models Cemplon

Kucing Calico

Ada keunikan yang bisa kita perhatikan pada semua jenis kucing belang telon ( calico ) yaitu :

1. Warna putih pada kucing calico selalu menjauhi tulang punggung. Meskipun dalam beberapa kasus, bagian punggung di area sekitar tulang masih tetap tersirat warna putih, namun mayoritas di bagian punggung kucing telon akan didominasi warna merah dan hitam lho, Cat Lover. Warna putih tersebut kebanyakan akan berada di area perut, ujung kaki, ujung mulut,dagu dan sangat jarang berada di ekor, mengingat ekot sendiri adalah terusan dari tulang punggung. Wait.... namun ada juga jenis kucing calico yang memiliki warna putih di area terlarang ini, kenapa? Silahkan baca point ke dua.

2. Pada beberapa kasus, memang dikatakan kucing calico memiliki warna putih di punggung, namun ada syaratnya. Yaitu... warna putih pada kucing tersebut harus benar-benar dominan. Dan biasanya, semakin dominan warna putih pada kucing calico, maka semakin jauh terpisah motif merah dan hitam yang dia miliki.
Kucing Calico
Karikatur Calico

Sistem Genetik Kucing Calico.

"Dikutip dari Wikipedia"
Kucing jantan memiliki kromosom Y, sedangkan betina adalah X. Kucing jantan yang normal memiliki kromosom XY, sedangkan betina normal adalah XX. Genetik kucing yang menyebabkan warna bulu berwarna oranye atau hitam terkandung dalam kromosom X. Setiap kucing betina yang normal memiliki dua kromosom X, yang berarti kromosom kucing betina adalah XX. Karena memiliki kromosom XX, maka kucing betina dapat memiliki dua warna sekaligus, yaitu oranye dan hitam. Sedangkan, kucing jantan normal mempunyai kromosom XY, yang berarti hanya memiliki satu kromosom X. Karena memiliki satu kromosom X, maka kucing jantan hanya dapat memiliki satu warna saja bukan dua warna sekaligus seperti kucing betina, yaitu warna oranye atau hitam. Kemudian, bulu berwarna putih atau yang disebut dengan and white bukan lah gen warna, namun ia adalah gen modifikasi yang tidak terpengaruh dengan kromosom seks (kromosom X dan Y)
calico gen
Image : Wikipedia

calico cats
IMage Wikipedia

Kenapa Calico Selalu Betina?

Kucing mempunyai dua kromosom seksual yaitu X dan Y. Kromosom adalah penentu gen yang menjadi dasar untuk sifat, warna dan panjang bulu, warna mata, bentuk tulang dan sebagainya.

Kromosom X = Dihasilkan oleh Betina pada sel telur.
Koromosom X dan Y = Dihasilkan oleh Jantan pada sel sperma.


Saat Sperma X bertemu Telur X, maka mereka mengasilkan XX yaitu Betina.
Saat Sperma Y bertemu telur X, maka mereka menghasilkan XY atau Jantan.
Tidak mungkin terjadi Sperma Y bertemu Sperma Y atau Sperma Y bertemu Telur Y, sehingga kemungkinan YY sangat tidak mungkin.


Pada kasus warna bulu kucing rumus kromosom ini akan berkembang lagi menjadi :
Kromosom X membawa gen warna merah atau oranye yang disebut denan simbol O besar. Gen warna ini tidak bisa dibawa oleh kromosom Y. Sementara Gen warna yang tidak mengandung oranye, biasa disimbolkan dengan o kecil.
O ( besar ) = orange
o ( kecil ) = non-orange
Jika kucing mendapatkan gen O ( besar ), maka dia akan memiliki warna utama alias dominan merah kekuningan. Dan warna tersebut akan berdampingan dengan putih bersih.

Kucing Jantan dengan Gen O ( besar )

Kucing Jantan memiliki jenis kromosom XY. Mereka mendapatkan gen O ( besar ) atau O ( kecil )dari sang Induk yang sudah pasti betina. Sementara kromosom Y mereka tidak memiliki warna khusus. Maka berikutnya kita akan memberikan simbol

OY = orange male cat
oY = non-orange male cat

Betina dengan gen O ( besar )

Pada Kucing Betina yang memiliki jenis kromosom XX, mereka bisa membawa gen warna OO ( besar ), bisa membawa gen warna oo ( kecil ) atau Oo ( besar dan kecil )

OO = orange female cat
oo      = non-orange female cat
Oo   = tricolored female cat

Gen warna Oo ( besar dan kecil ) melakukan kerja sama yang unik sehingga menciptakan mozaic antara merah dan hitam, kemudian berbalut dengan warna netral yaitu putih. Itulah yang menyebabkan kenapa kucing Calico banyak yang berjenis kelamin betina, bahkan mustahil jantan.

Terjadinya motif 3 warna mada kucing Jantan disebabkan oleh kromosom XXY hasil kesalahan Genetik atau Genetic Misfire. Hal itu dipengaruhi oleh keanehan kombinasi pada kromosom yang menghasilkan 1 tambahan kromosom lagi sehingga kombinasinya berubah. Namun Genetic Misfire ini hanya berlaku 1 dibandingkan sekian ribu pembuahan, sehingga membuat Kucing Calico Jantan sangat langka. Bahkan menurut kabar, Male Calico atau Belang Telon Jantan mayoritas mandul. Ohya, kepercayaan lokal Indonesia mempercayai kucing jenis Male Calico memiliki kekuatan magis sehingga diburu dan diperjual belikan dengan harga yang mahal.

Berikut ini Galery Koleksi Foto Kucing Calico. Disusun berdasarkan antrian post yang telah dilakukan oleh Cat Lover yang telah berpartisipasi.

Foto 1 - 11

Kucing Calico

Foto Kucing Calico

Foto Kucing Calico

Foto Kucing Calico


Foto Kucing Calico

Foto Kucing Calico

Foto Kucing Calico

Foto Kucing Calico

Foto Kucing Calico

Foto Kucing Calico

Foto Kucing Calico

Bersambung ke Foto 12 - 24

Lihat Juga Foto Ke 25 - 37




Support Group : Dunia Kucing Indonesia on Facebook
"Kirim Kisah Meong"
Klik di sini untuk mengirimkan kisah kamu dan kucingmu.
"Support Facebook Page"
Klik di sini untuk mengirimkan kisahmu via Facebook Page atau Join ke Support Group kami.
"Aturan Copy/Paste"
Klik di sini untuk membaca DMCA

Komentar Facebook Dimatikan. Gunakan Komentar Blogger untuk meninggalkan jejak.

0 Response to "GALERY FOTO KUCING CALICO : Kucing Belang Telon dan Fakta Ilmiah Tentangnya."

Posting Komentar

Welcome Cat Lovers, Please make us better with your comment...