Manfaat Kuning Telur Untuk Kucing - Ini Penjelasannya.

Share to :
Tweet Bagikan


TuanMeong.com - Kuning Telur adalah bahan makanan pokok dengan sejuta manfaat. Kandungan protein pada bagian ini sangat tinggi serta nyaris tidak meninggalkan residu dalam bentuk sisa makanan jika dikonsumsi mentah. Cara konsumsi dalam kondisi mentah tersebut memang sudah sering dipraktikan sejak jaman dahulu, sebagai salah satu teknik memperkuat vitalitas bagi pria dewasa, menambah energi saat bekerja berat, atau memulihkan kondisi tubuh yang sedang sakit / lemah karena suatu hal. Tahukah Cat Lover, ternyata kuning telur adalah salah satu bahan paling dianjurkan sebagai P3K untuk kucing sakit, apalagi biasanya ditambah dengan Madu.
Oke, sebagai manusia, sepertinya banyak Cat Lover yang telah menikmati segarnya Susu, Telur dan Madu, lebih mantab jika ditambah dengan jahe dan disajikan hangat pada saat hujan deras. Hemmm, sebuah sajian minuman paling menolong tentunya.


Kuning Telur
Yolk / Kuning Telur
Pada kondisi hujan deras, kemungkinan kita berada pada kondisi rentan akibat dingin, sehingga keberadaan suplemen alami STM&J tersebut merupakan sebuah alternatif kesehatan.

Kuning Telur Untuk Kucing.

Sebelumnya TuanMeong sudah sempat membahas, mengenai Madu sebagai salah satu bahan alami penyelamat nyawa kucing saat sedang sakit. Kini giliran Kuning Telur, sahabat si madu yang akan mengawal para kucing sakit hingga mencapai kesembuhan, meskipun tidak semua penyakit kucing bisa di-recopovery dengan kuning telur.

Perawatan Kucing Sakit Dengan Kuning Telur

Biasanya, jika seekor kucing mengalami gejala nafsu makan menurun akibat suatu penyakit, maka rancangan istimewa yang pasti disarankan oleh para pecinta kucing adalah pemberian 1 spet madu, ditambah kuning telur.
kucing anggora sehat
Kucing Sehat dan Enerjik

Nah, apa sih fungsi kuning telur bagi si meong yang sakit? Tentu saja sebagai cadangan makanan ya Cat Lover. Protein hewani pada kuning telur tersebut sangat dibutuhkan oleh kucing. Madu membantu memberikan energi dan memulihkan stamina, sementara kuning telur merupakan asupan gizi agar si kucing tidak mengalami kerusakan lambung. Asupan gizi ini sangat penting, sebab kucing membutuhkan protein yang cukup untuk menjalani aktifitas normal. Dan kuning telur mampu memberikan kadar protein tersebut.

Manfaat Umum Kuning Telur bagi Kucing

1. Membantu mempercantik dan memperindah bulu : Berikan kuning telur tanpa campuran warna putih, sebanyak 1 butir, dengan volume pemberian 3x seminggu. Kurangi dosis jika kucing ternyata muntah atau diare. Mungkin si kucing sudah mendapat nutrisi cukup dari makanan harian, sehingga kuning telur tidak perlu berlebihan diasupkan ke dia.

2. Menambah Stamina Kucing : Fungsi ini lebih dekat pada penyembuhan sekaligus perawatan. Dosisnya jika kucing sakit, cukup 1 cc / suntikan kecil tanpa jarum, diberikan 2 jam sekali. Untuk perawatan, cukup sebutir kuning telur sampai habis sebanyak 2x atau 3x seminggu. Perhatikan peringatan berwarna merah di point 1, karena berlaku juga untuk hal ini.

3. Mempercepat penyembuhan : Sejalan dengan madu, kuning telur memberikan protein bagi kucing sakit, sehingga dapat menambah harapan sembuh.

4. Menggemukan badan : Efek ini kita dapatkan bersamaan dengan efek di point 1 dan point 2. Namun jika pemberian 3x seminggu membuat kucing menjadi alergi, lebih baik dikurangi menjadi 1x seminggu saja. Karena sekali lagi, mungkin suplai gizi si kucing dari makanan lain sudah tercukupi.

Jenis Telur Yang Baik Untuk Kucing

Pilihlah telur ayam kampung yang masih fresh, bukan telur berusia beberapa hari dan berada di rak supermarket / warung terlalu lama. Lebih baik pesan ke tetangga atau pedagang kepercayaan anda, agar benar-benar mendapat telur segar.

Boleh menggunakan telur ayam arab, meskipun tidak sebagus telur ayam kampung. Sementara telur ayam Ras / ayam petelur, tidak disarankan namun bisa menjadi alternatif dalam kondisi darurat.


Nah, Cat Lover, semoga artikel ini bermanfaat ya. Semoga kucing Cat Lover semua semakin sehat, gemuk dan lincah. Jangan lupa memberi suplemen tambahan secara berkala. Namun sangat disarankan bagi anda untuk tidak memberikan terlalu banyak JENIS suplemen untuk satu kucing.

Kenapa?

Logikanya saja, jika minyak ikan, kuning telur, dan madu diberikan secara bersamaan dalam volume waktu dan ukuran yang sama pada seekor kucing, bukan tidak mungkin dia malah kelebihan gizi, obesitas dan mudah terserang penyakit. Jadi pilihlah suplemen / vitamin mana yang sekiranya dibutuhkan oleh kucing, lalu berikan sesuai porsi yang dianjurkan.

Salam sayang,
TuanMeong.



Support Group : Dunia Kucing Indonesia on Facebook
"Kirim Kisah Meong"
Klik di sini untuk mengirimkan kisah kamu dan kucingmu.
"Support Facebook Page"
Klik di sini untuk mengirimkan kisahmu via Facebook Page atau Join ke Support Group kami.
"Aturan Copy/Paste"
Klik di sini untuk membaca DMCA

Komentar Facebook Dimatikan. Gunakan Komentar Blogger untuk meninggalkan jejak.

4 Responses to "Manfaat Kuning Telur Untuk Kucing - Ini Penjelasannya."

  1. kalo telur ayam yang seperti biasa di jual di warung,boleh?kalau boleh,takaran kuning telur yang dikasih ke kucing dewasa berapa ya?terima kasih

    BalasHapus
  2. Artikel-artikelnya tentang kucing mantab sekali mas, semoga makin banyak juga yang sayang kucing dan blog ini bisa menjadi referensi wajib bagi para pecinta kucing di seluruh indonesia. Bagi saya. TuanMeong.com adalah blog pecinta kucing terbaik yang pernah saya baca. Terimakasih

    BalasHapus
  3. kucing saya gak suka makan kuning telur nih. biasanya dia suka makan ikan aja. padahal kalau lagi gak ada ikan tak kasi telor, gara-gara dia gak mau makan jadi dia puasa gak makan sehari deh.

    BalasHapus
  4. Kalau kuning telurnya dikasih yg uda di rebis boleh gak?

    BalasHapus

Welcome Cat Lovers, Please make us better with your comment...