Manfaat Memiliki Wadah Transportasi Kucing - Pet Carirer Pertamaku

Share to :
Tweet Bagikan


TuanMeong - Seorang pecinta kucing biasanya memang dituntut untuk memiliki perlengkapan-perlengkapan pemeliharaan dan perawatan kucing, sehingga mereka memiliki cukup sumberdaya untuk menjaga dan memberikan suasana nyaman pada kucing yang dipelihara. Sumber daya tersebut bisa dalam bentuk peralatan sekali pakai, peralatan yang bersifat tahan lama, aksesoris, makanan maupun suplemen, obat dan vitamin. Awalnya mindset kita sebagai pemelihara kucing memang terkesan murah meriah--dan bisa jadi terus seperti itu tergantung kemampuan setiap individu dalam memelihara kucing. Namun apabila kita sudah terlanjur hoby dengan kecenderungan totalitas, maka akan menjadi cukup mahal, bahkan beberapa orang nekat mengesampingkan kebutuhan pribadinya demi memberikan yang terbaik bagi kucing-kucing yang disayangi. Jadi, TuanMeong kadang merasa kasihan untuk Cat Lover yang sudah menyisihkan hampir separuh anggaran belanja rumah tangga untuk diberikan pada hewan peliharaan, namun mereka masih dicaci-maki, dihujat, dibully, diremehkan, direndahkan, bahkan ada yang merasa sok senior lalu menghakimi dengan kalimat-kalimat pedas, hanya karena perbedaan pendapat. Salah satu yang paling sering menjadi bahan olok-mengolok adalah pro/kontra steril.


Bagaimana tidak? harus kita akui, sebagian besar dari kita adalah pekerja biasa / pengusaha kecil yang memiliki banyak keterbatasan dari segi ekonomi. Hendaknya kita jujur, tidak merasa sok kaya mentang-mentang kita seorang Cat Lover. Untuk membeli pakan, vitamin dan perlengkapan kucing saja terkadang harus menyisihkan dari tabungan belanja harian, sementara disana-sini masih mendapat caci-maki akibat pro/kontra steril. TuanMeong sendiri bukannya anti-steril, tapi silahkan direnungkan kembali, kenapa sebagian Cat Lover yang mengkampanyekan steril tersebut selalu terkesan memaksa, menggurui bahkan mencaci-maki apabila pendapat/sarannya tidak diterima. Hal seperti ini sungguh sangat ironi, padahal kita semua tau, semua membutuhkan biaya, sedangkan banyak dari kita bukanlah orang kaya yang bisa asal menyisihkan uang untuk hal-hal semacam itu. Bisa membelikan pakan setiap minggu saja sudah sangat bersyukur, tapi banyak dari kita yang kadang terlalu memandang sebelah mata, sehingga melupakan fakta jika tidak semua orang berada pada posisi ekonomi yang cukup.

100rb mungkin terlalu ringan untuk anda, tapi bisa menjadi harta sangat berharga untuk orang lain dengan penghasilan harian minim. Semoga realitas seperti itu bisa menjadi bahan renungan bagi semua orang, sehingga kita dapat menghargai perbedaan pendapat, tanpa harus merasa paling senior dan mencaci-maki dan sok-sok menuntut tanggung jawab pada kucing-kucing yang dibelihara orang lain. Cat Lover yang budiman, kita adalah pecinta kucing, dan TuanMeong yakin kita pasti memiliki rasa sayang serta tanggung jawab yang besar pada kucing peliharaan kita masing-masing tanpa harus di-dikte atau dihakimi orang lain. Benar bukan?

Oke, selesai pada intro diatas, mari kita lanjurkan pada pembahasan mengenai perangkat / peralatan pemeliharaan kucing.

Per Carrier Pertamaku, My First Pet Carrier @Vlog Kucing

Diatas itu merupakan video Vlog dari TuanMeong sekeluarga yang terlihat amat senang mendapatkan Pet Carrier baru. Dan perlu Cat Lover ketahui, Pet Carrier ini terbeli dari hasil menabung selama 1 bulan, setelah majikan TuanMeong menyisihkan sebagian rejeki untuk membeli itu semua.

Jujur ya, hehe. Beginilah kondisi kami yang sebenarnya, kami bukan orang kaya, bukan orang berduit, namun kami memelihara banyak kucing di rumah kontrakan sempit, serta memberikan apapun yang kami punya untuk kebaikan kucing-kucing kami. Kami memang tidak punya kelebihan harta, hidup saja masih ngontrak, tapi kami punya kelebihan kasih sayang yang secara sadar kami berikan sendiri tanpa dikte/panduan dari siapapun. Dan asal Cat Lover semua ketahui, alamat domain www.tuanmeong.com ini dibeli di goodady.com dengan masa aktif 2 tahun, namun pembelian domain tersebut masih minjem (baca : ngutang) pada seorang sahabat blogger dari Riau, Blogger Bertuah, Om Attayaya. Sedangkan pembuatan website kucing yang sobat sekalian baca saat ini adalah untuk di-dedikasikan pada kucing-kucing yang kami pelihara, serta banyak kucing "biasa" diluar sana yang membutuhkan perhatian. Itulah mengapa, pada rubik "Kisah Kiriman", kami selalu mengambil cerita-cerita inspiratif dari para owner lokal, karena bagi kami, semua kucing memang pantas untuk diberi perhatian lebih pada dunia luas. Bukan hanya kucing artis saja. *senyum*

[ ups, maaf curhat terlalu panjang, semoga semuanya sekarang faham, kami pengelola website www.tuanmeong.com bukanlah orang kaya yang bisa asal menghamburkan uang hehe. Inilah kami apa-adanya tanpa ditutup-tutupi, karena yang kami punya saat ini hanyalah 4 ekor kucing yang selalu setia menemani kami yang hidup sendiri, jauh dari orang tua, sanak, kerabat dan sahabat. Sudah deh, cukup! ]

Kembali pada jenis-jenis perlengkapan kucing. Kita mulai dari "peralatan sekali pakai".

Contoh Peralatan sekali pakai.

  • Tisyu untuk perawatan kebersihan kucing.
  • Kertas koran sebagai alas pelapis tempat tidur kucing ( bila diperlukan ).
  • Cotton Bud untuk membersihkan telinga kucing.
  • Dll

Contoh Peralatan yang bersifat tahan lama.

  • Sisir kucing ( kemungkinan besar dibutuhkan bagi pemelihara kucing Ras ).
  • Kandang, apabila kucing anda dikandangkan.
  • Pet Carrier, bentuknya bisa dilihat di video.
  • Tas Kucing.
  • Wadah makan / minum kucing.
  • Litter Box tempat pasir kucing.
  • Hair Driyer bila diperlukan, namun alat ini sangat jarang digunakan untuk kucing, kecuali bagi mereka yang memiliki uang lebih.
  • Pemotong kuku khusus kucing.
  • Dll.

Contoh aksesoris.

  • Bell / Lonceng kucing beserta kalungnya.
  • Tali pengekang kucing ( biasa digunakan untuk kucing Ras yang diajak jalan-jalan ).
  • Baju Kucing.
  • Topi singa kucing.
  • Mainan Kucing.
  • dll.

Contoh makanan maupun suplemen, obat dan vitamin.

  • Dry Food.
  • Wet Food baik yang kalengan maupun hasil memasak sendiri.
  • Minyak Ikan.
  • Madu.
  • Kuning Telur.
  • Vitamin.
  • Shampoo.
  • Obat tetes telinga.
  •  Obat mata spray.
  • Spet / alat suntik untuk pemberian suplemen.
  • Obat Cacing.
  • dll

Apa Manfaat Pet Carrier?

Nah, bagi yang masih bingung membedakan antara Kandang dan Pet Carrier, maka kita akan membahas lebih detil manfaat dari pet carrier itu sendiri. Cat Lover bisa menyimak video diatas apabila masih bingung dengan bentuknya.


Pet Carrier berfungsi sebagai alat distribusi atau transportasi kucing-kucing kita. Mulai dari keperluan kunjungan ke dokter hewan, jalan-jalan ke kopdar komunitas, menuju tempat adopter, mengambil kucing yang akan diadopsi dan semua hal yang berhubungan dengan perpindahan tempat si kucing dari satu lokasi ke lokasi lain.

Penggunaan pet carrier itu sendiri memang dirancang khusus agar kucing tidak tertekan saat dipindah-tempatkan. Rancangan semi kandang dengan jeruji, memudahkan kucing mendapat udara segar, sementara sekat penutup yang rapat berfungsi agar si kucing tidak tertiup udara terlalu kencang dalam perjalanan.
Dulu, TuanMeong sempat sakit dan opname di Vet selama 3 hari, dan itupun harus meminjam Pet Cargo / Pet Carrier dari seorang teman. Maklum, kami memang belum punya, sehingga harus pinjam sana-sini. Dan Alhamdulillah, saat ini TuanMeong sehat dan kembali gemuk setelah mengalami radang pencernaan.

Oke, sekian dulu artikel pengantar Vlog kami, Cat Lover bisa melihat di bagian akhir video, setelah Bonito, Kurama, dan Cemplon mencoba pet carrier baru mereka, tibalah giliran Gendut yang masuk ke dalam. Dalam beberapa hari ke depan, Gendut akan kami bawa ke dokter hewan untuk mendapatkan suntik dan perawatan. Perlu digaris bawahi, Gendut merupakan kucing yang hilang selama 8 bulan, namun masih jinak saat ditemukan kembali. Cerita lengkap tentang gendut, beserta kiat-kiat menemukan kucing hilang akan kami bahas dalam artikel selanjutnya.

Salam Hangat,
TuanMeong.



Support Group : Dunia Kucing Indonesia on Facebook
"Kirim Kisah Meong"
Klik di sini untuk mengirimkan kisah kamu dan kucingmu.
"Support Facebook Page"
Klik di sini untuk mengirimkan kisahmu via Facebook Page atau Join ke Support Group kami.
"Aturan Copy/Paste"
Klik di sini untuk membaca DMCA

WEBSITE DALAM PERBAIKAN, JIKA OM DAN TANTE MENEMUKAN GAMBAR YANG HILANG DARI SUATU ARTIKEL, MOHON TINGGALKAN KOMENTAR PEMBERITAHUAN PADA ARTIKEL TERSEBUT. TERIMAKASIH!


Komentar Facebook Dimatikan. Gunakan Komentar Blogger untuk meninggalkan jejak.

2 Responses to "Manfaat Memiliki Wadah Transportasi Kucing - Pet Carirer Pertamaku"

  1. Kucing tetanggaku kadang ngeselin, tiba-tiba masuk rumah lewat jendela, lalu ngabisin ayam..padahal aye laper berat :(

    BalasHapus
  2. gan, saya punya 3 anak kucing yg hilang, umur mereka 8 minggu, seberapa mampu anak-anak kucing saya bertahan hidup di luar sana? apakah mereka bisa mencari makan sendiri dan kabur/lari dari predator/kendaraan...
    sdh dicari-cari ndak ketemu-temu :'(

    BalasHapus

Welcome Cat Lovers, Please make us better with your comment...