MATA KUCING : Fakta Menarik, Anatomi & Keunikan Tentang Mata Kucing.

Share to :
Tweet Bagikan


TuanMeong.com - Kucing adalah binatang yang dikenal memiliki mata ajaib. Beberapa kepercayaan mengatakan jika mereka dapat melihat hantu, namun ada juga yang menganggap mereka melihat benda kecil yang melintas diluar pengawasan mata manusia sehingga terkesan melihat hantu. Pada dasarnya, mata kucing memiliki susunan yang normal, yaitu lensa mata, pupil, retina dan kelopak mata. Kelopak mata adalah alat pelindung mata, dia merupakan bagian yang dapat berkedip sehingga mata akan selalu basah / lembab. Lensa mata berguna sebagai alat untuk menangkap cahaya. Pupil adalah pintu masuknya cahaya setelah melewati lensa. Retina merupakan alat untuk mentransfer gambar dan cahaya yang diterima menuju otak. Sehingga semua fungsi tersebut dinamakan sebagai penglihatan.


Fakta Mata Kucing
[ www.mrwallpaper.com]

Fakta Menarik Tentang Mata Kucing.

1. Kucing tidak mampu melihat dalam kegelapan total, namun dia bisa melihat dengan cahaya yang sangat tipis.
Jika anda kesulitan melihat dalam kondisi cahaya yang samar-samar, kucing tidak akan mengalami hal itu, karena retina kucing mampu mengambil lebih banyak cahaya dibandingkan retina manusia, kemudian kucing juga memiliki sebuah lapisan jaringan yang disebut tapetum lucidum, dimana dia dapat memantulkan cahaya secara berulang sehingga kucing dapat memiliki beberapa kesempatan untuk melihat sebuah objek. Lapisan ini jugalah yang membuat mata kucing bersinar dalam kegelapan.

2. Kucing tidak buta warna total, namun penglihatan warna mereka minim.

Banyak terjadi perdebatan dikalangan ilmuan maupun pecinta kucing mengenai hal ini. Namun kesimpulan umum mengatakan jika kucing bisa membedakan warna biru dan kuning, namun kurang bisa menangkap warna merah dan hijau.

3. Kucing tidak dapat melihat sebuah benda dengan detail.
Bisa dikatakan kucing memang rabun dekat, sebab lensa mata kucing tidak menyempit saat sebuah benda didekatkan ke matanya, hal ini berarti mata kucing tidak mampu mengikuti titik fokus yang diberikan.

4. Pupil vertikal pada kucing memiliki tujuan khusus.
Bentuk pupil kucing yang elips vertikal memiliki keuntungan khusus, diantaranya adalah mampu menyempit jauh lebih cepat dibandingkan pupil bundar. Bahkan jika cahaya yang diterima mata kucing sangat silau, pupil tersebut akan terlihat seperti garis tipis, karena semakin tipis lebar pupil, maka semakin kecil cahaya yang diterima mata.

5. Warna Mata Kucing.
Biasanya kucing domestik dari kawasan asia tenggara akan memiliki warna mata keabu-abuan saat masih anak-anak. Warna tersebut akan berubah menjadi hijau kekuningan atau bahkan kuning buram jika mereka sudah dewasa. Fakta lain, kucing bermata biru memiliki gangguan pendengaran. Sementara Odd-eyes ( bermata biru dan kuning ) akan mengalami gangguan pendengaran pada sisi yang sama dengan mata birunya.
( Disalin dengan perubahan penuh dari Prabu Cattery )

Kucing adalah  hewan malam.

Ternyata, mata kucing memiliki jangkauan pandangan yang lebih lebar, yaitu 200 derajat. Hal ini berguna agar dia dapat menemukan dan mencari mangsa dari sebuah lingkungan yang sangat luas. Sering kita dengar jika kucing adalah binatang Nocturnal yang aktif di malam hari dan tidur disiang hari. Namun ternyata, kucing juga merupakan binatang crepuscular, yang aktif pada pergantian dua waktu tersebut, fajar dan senja. Inilah mengapa pada pembahasan sebelumnya dikatakan kucing memiliki kepekaan terhadap cahaya yang sangat tipis.

Anatomi Mata Kucing.

Fakta Mata Kucing

Fakta Mata Kucing

1. Kelopak mata atas
2. Membrana nictitan/kelopak mata ketiga : dalam keadaan normal tidak terlihat. bila terlihat jelas seolah menutupi mata, merupakan salah satu tanda dehidrasi (kucing sedang sakit)
3. Kelopak mata bawah
4. sclera : bagian bola mata yang berwarna putih
5. pupil : membesar dan mengecil sesuai banyaknya cahaya, berfungsi mengatur cahaya yang masuk ke mata, mengecil bila ada cahaya terang dan membesar dalam keadaan kurang cahaya
6. iris : bagian mata kucing yang mengandung pigmen warna. warna iris terlihat jelas pada saat pupil mengecil

Bentuk dan Warna Mata Kucing.
Fakta Mata Kucing
Warna Mata Kucing
Telah disebutkan sebelumnya, kucing domestik memiliki variasi warna hijau, oranye / kuning dan biru. Beberapa kasus terdapat pula yang odd-color. Bentuk mata kucing pun sangat beragam tergantung jenis dan Ras-nya. Kucing Persia memiliki mata bundar, mainecoon memiliki mata agak miring, Siamese berbentuk almond ( elips dengan ujung meruncing ) dan sebagainya.
Fakta Mata Kucing
Bentuk Mata Kucing
Pada dasarnya, warna mata ditentukan oleh konsentrasi, granulasi dan endapan melanin. Berikut ini adalah contoh beberapa jenis warna mata kucing.

Kenapa Pupil Kucing Berbentuk Elips Vertikal.

Menurut hasil studi terbaru yang dipublikasikan jurnal the Science Advance, bentuk elips ini berhubungan dengan cara kucing mencari mangsa. Namun uniknya, tidak semua predator memiliki mata elips vertikal seperti ini. Kemudian berdasarkan riset di Universitas California di kota Berkeley, Amerika Serikat, bentuk dan sifat pupil seekor kucing ini sangat wajar dijumpai pada binatang yang aktif dimalam hari, agar mereka bisa mengukur jarak yang akurat sebelum menyergap mangsanya. Lucunya lagi, bentuk pupil elips vertikal hanya dimiliki oleh jenis hewan pemangsa yang hidupnya dekat dengan tanah, seperti kucing, ular ataupun buaya.

Masih belum fahamkah?
Setelah para ahli meneliti sekitar 214 spesies hewan darat yang hidup menapak di permukaan tanah ( bukan terbang atau memanjat pohon seperti burung dan kera ), kemudian dari 65 predator, 44 diantaranya memiliki pupil elips vertikal, dan 82% dari jumlah predator dengan mata elips vertikal tersebut adalah binatang dengan jarak antara pundak dan tanah hanya sektar 42 cm. Itulah yang menyebabkan harimau dan singa tidak memiliki jenis mata yang sama seperti kucing, meskipun mereka masih dalam satu keluarga di kerajaan binatang.

Bagaimana Cara Kucing Melihat Dunia?

Fakta Mata Kucing
Sumber : Penglihatan kucing (Nickolay Lamm, Popsci.com)
[ Keterangan X merupakan mata manusia, tanpa X adalah Mata Kucing ]
Berdasarkan penelitian akan lensa mata kucing, anatomi sel kerucut dan bagaimana cahaya diproses di dalam mata kucing ( telah kita bahas di atas ) Maka seorang seniman bernama Nickolay Lamm telah berhasil membuat ilustrasi sebagai berikut. Jadi bisa dikatakan, kucing melihat lebih jelas pada cahaya yang sangat minim, namun kurang baik dalam mendeteksi warna.

Nah Cat Lover, jika anda melihat mata kucing bersinar dalam kegelapan, sekarang sudah faham kan sebabnya? Pada dasarnya mata tersebut memang tidak bersinar seperti lampu senter, namun hanya memantulkan cahaya yang disorotkan ke arah mata tersebut.

Banyak dari kita yang tidak memahami jika kucing memiliki kelemahan dalam penglihatan jarak dekat, sehingga kita mengayun-ngayunkan maunan terlalu dekat dengan mata si kucing. Untuk mainan yang bagus, sebenarnya ada tips yaitu gunakan bulu ayam yang direkatkan ke stik pancing, lem menggunakan lem keramik bersama lonceng kecil yang bisa mengeluarkan suara ringan. Dengan begitu saat indra penglihatan kucing kita tak mampu mendeteksi lokasi mainan, pendengarannya masih dapat mengikuti arah dimana mainan tersebut berada. Namun perlu diingat, rabun dekat si kucing tidak 100% memberikan kebutaan, hanya saja detail benda yang tidak dapat direspon oleh otak si kucing jika posisinya terlalu dekat.

Cat Lover juga bisa kok, melakukan percobaan sederhana. Suatu waktu bawa kucing ke ruangan terbuka, dimana cahaya matahari dapat menyentuh kalian. Amati apakah pupil mata kucing menjadi menipis atau tetap. Kemudian bawa si kucing ke dalam ruangan tertutup, sehingga cahaya tidak terlalu silau, lakukan pengamatan lagi, apakah pupil kucing anda kembali ke ukuran normal, jauh lebih lebar dibandingkan saat berada diluar rumah, atau tidak. Jika terjadi perubahan ukuran, berarti mata kucing anda dalam kondisi sehat.

Demikian artikel pembahasan mengenai uniknya mata kucing dan fakta tentangnya. Semoga bermanfaat.

Salam Hangat,
TuanMeong.



Support Group : Dunia Kucing Indonesia on Facebook
"Kirim Kisah Meong"
Klik di sini untuk mengirimkan kisah kamu dan kucingmu.
"Support Facebook Page"
Klik di sini untuk mengirimkan kisahmu via Facebook Page atau Join ke Support Group kami.
"Aturan Copy/Paste"
Klik di sini untuk membaca DMCA

WEBSITE DALAM PERBAIKAN, JIKA OM DAN TANTE MENEMUKAN GAMBAR YANG HILANG DARI SUATU ARTIKEL, MOHON TINGGALKAN KOMENTAR PEMBERITAHUAN PADA ARTIKEL TERSEBUT. TERIMAKASIH!


Komentar Facebook Dimatikan. Gunakan Komentar Blogger untuk meninggalkan jejak.

0 Response to "MATA KUCING : Fakta Menarik, Anatomi & Keunikan Tentang Mata Kucing."

Posting Komentar

Welcome Cat Lovers, Please make us better with your comment...