WOW Ini Khasiat Minyak Ikan Untuk Kucing Kamu!

Share to :
Tweet Bagikan


Hai Cat Lover, para pecinta kucing di seluruh Indonesia. Pernahkah anda mendengar tentang manfaat minyak ikan untuk kucing? Penasaran, apa saja fungsi suplemen satu ini bagi kesehatan kucing kita? Hari ini TuanMeong akan membahas kumpulan pengetahuan mengenai kebaikan minyak ikan untuk kucing dari semua jenis ras. Bahkan bagi kucing kampung sekalipun, suplemen minyak ikan akan membuat dia bersinar layaknya kucing ras. Wow, masa sih?
Suplemen minyak ikan ini tidak hanya bermanfaat bagi manusia saja lho cat lover. Benda mungil warna keemasan ini ternyata baik sekali untuk anak bulu kita. Salah satu ciri efek dari minyak ikan adalah Bulu yang mengkilat dan tidak mudah rontok, ditambah nafsu makan yang bagus sehingga kucing menjadi gemuk.


Manfaat Minyak Ikan

kucing gemuk minyak ikan
bonito original image by tuanmeong.com do not copy

bonito
bonito gemuk dan sehat karena minyak ikan
Adapun secara lebih detail, inilah daftar manfaat minyak ikan bagi kucing kesayangan.

1. Omega-3 asam lemak yang penting tidak hanya untuk fungsi tubuh manusia, tetapi untuk hewan peliharaan seperti kucing. Minyak ikan, kaya akan omega-3 asam lemak, mengurangi penyakit jantung, meningkatkan kesehatan otak, mental kesejahteraan, menurunkan tingkat kolesterol dan memberikan pengobatan sangat efektif untuk arthritis, diabetes, penyakit otot dll Minyak ikan dikatakan untuk meningkatkan respon imun hewan peliharaan, perilaku kognitif dan juga mencegah kanker.

2. Minyak ikan dapat melindungi kulit kucing kita dari berbagai penyakit.

3. Minyak ikan dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh gangguan kesehatan yang sering disebut arthritis ( sejenis gangguan pada tulang sendi ).

4. Minyak ikan dapat mengobati alergi pada kulit kucing dan kondisi autoimun ( sebuah serangan yang diakibatkan justru dari sistem kekebalan tubuh kucing itu sendiri ), khususnya bagi kulit kucing yang kekurangan omega 3.

5. Kandungan eicosapentaenoic acid (EPA) pada minyak ikan dapat pula membantu menghilangkan atau mengurangi kerusakan pada jaringan yang melapisi permukaan sendi (Kartilago) dengan mengurangi aktivitas enzim dalam radang sendi kucing ( sepertinya ini sejalan dengan point nomor 3 )

6. Minyak ikan membuat kulit dan bulu kucing lebih nampak lebih tebal, mengkilat, tidak mudah rontok dan terlihat indah.

7. Ternyata minyak ikan juga dapat membantu proses penyembuhan pada kucing yang mempunyai masalah pada ginjal.

8. Minyak ikan dapat memberikan cukup nutrisi pada kucing anda, sehingga dia memiliki kecerdasan yang baik dan terjauhkan dari stres atau gangguan mental.


9. Minyak ikan juga dapat meningkatkan kolesterol HDL ( Kolesterol yang baik ) sehingga kolesterol LDL ( kolesterol jahat ) pada kucing berkurang.

10. Minyak ikan dapat mengurangi sel kanker pada kucing, sejalan dengan point pertama yang mencegah adanya sel kangker pada kucing.

11. Minyak ikan mampu mencegah penyakit degeneratif yang dialami oleh kucing dengan imunitas lemah atau kucing tua.


Cara Pemberian Minyak Ikan Untuk Kucing.

Berikutnya, Cat lover, luar biasa sekali bukan, manfaat minyak ikan untuk kucing kita? Lantas, bagaimanakah cara terbaik untuk memberikan suplemen ini untuk kucing? Berapa dosis yang bagus dan tidak membuat kucing muntah?

1. Tips pertama, pastikan kucing berada di dalam kandang atau dalam kondisi santai. Tidak sedang galak atau ingin bermain.

2. Lubangi salah satu ujung elips minyak ikan, kemudian dekatkan bagian yang telah berlubang tadi kehidung si kucing.

3. Saat kucing mulai menjilat, tekan lapisan jelly minyak ikan agar isinya keluar dan tersapu oleh lidah si kucing.

4. Jika kucing sedang tidak berselera, cukup buka mulutnya dengan hati-hati kemudian pencet lapisan jelly minyak ikan sehingga isinya tumpah ke bagian dalam mulut kucing. Secara otomatis dia akan menelan cairan gurih tersebut kok.


Dosis Dianjurkan untuk Kucing

Meskipun bagus untuk kesehatan kucing, hendaknya minyak ikan tidak diberikan secara berlebihan pada kucing kita ya Cat Lover. Paling tidak 1 x seminggu dengan takaran 1 atau 2 butir tergantung berat badan serta usia.

Efek Samping Minyak Ikan.

Apabila suplemen ini diberikan secara over dosis akan berdampak juga bagi kesehatan kucing. Setidaknya inilah akibat yang ditimbulkan.
1. Menurunnya daya tahan tubuh si kucing.
2. Menyebabkan diare jika terlalu dipaksakan memberikan dosis lebih.
3. Omega 3 pada minyak ikan akan memperlambat pembekuan darah, sehingga jika kucing terluka, akan sulit dipulihkan.
4. Dapat menyebabkan bau mulut pada kucing.
Nah, setelah tau efek sampingnya, jangan lupa memberikan suplemen tambahan pada kucing kesayangan sesuai dosis saja ya Cat Lover.

Salam Hangat,
TuanMeong



Support Group : Dunia Kucing Indonesia on Facebook
"Kirim Kisah Meong"
Klik di sini untuk mengirimkan kisah kamu dan kucingmu.
"Support Facebook Page"
Klik di sini untuk mengirimkan kisahmu via Facebook Page atau Join ke Support Group kami.
"Aturan Copy/Paste"
Klik di sini untuk membaca DMCA

WEBSITE DALAM PERBAIKAN, JIKA OM DAN TANTE MENEMUKAN GAMBAR YANG HILANG DARI SUATU ARTIKEL, MOHON TINGGALKAN KOMENTAR PEMBERITAHUAN PADA ARTIKEL TERSEBUT. TERIMAKASIH!


Komentar Facebook Dimatikan. Gunakan Komentar Blogger untuk meninggalkan jejak.

4 Responses to "WOW Ini Khasiat Minyak Ikan Untuk Kucing Kamu!"

  1. ternyata bagus juga minyak ikan di kasi ke kucing. bisa saya coba nih. kebetulan kucing saya lagi ada masalah sama ginjalnya. semoga saja dia cepat sembuh.

    BalasHapus
  2. Artikel-artikelnya tentang kucing mantab sekali mas, semoga makin banyak juga yang sayang kucing dan blog ini bisa menjadi referensi wajib bagi para pecinta kucing di seluruh indonesia. Bagi saya. TuanMeong.com adalah blog pecinta kucing terbaik yang pernah saya baca. Terimakasih

    BalasHapus
  3. aku terlanjur ngasih minyak ikan ke kucingku sehari sekaki, huhu

    BalasHapus

Welcome Cat Lovers, Please make us better with your comment...